ABSTRAK
PERBANDINGAN PARTISIPASI AKTIF SISWA
DALAM
PEMBELAJARANPENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN
KESEHATAN MENGGUNAKAN PEMANASAN DENGAN PERMAINAN KECIL DAN KONVENSIONAL
PADA SISWA KELAS VII SMPN 4 WIDODAREN NGAWI
Nama : Deagrienka
Maedapradana
NIM : 1 4 0604640 97
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan
Rekreasi
Jurusan : Pendidikan
Olahraga
Fakultas : Fakultas Ilmu
Olahraga
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dra. Sasminta Christina Y.H., M.Pd
Pendidikan jasmani adalah fase dari program pendidikan
keseluruhan yang
memberikan kontribusi, terutama melalui pengalaman
gerak, untuk pertumbuhan danperkembangan secara utuh baik fisik dan juga psikis
untuk tiap anak. Pendidikan jasmani didefinisikan sebagai pendidikan yang
diajarkan melalui aktivitas gerak dan harus dilaksanakan dengan cara-cara yang
tepat agar memiliki makna bagi anak.
Pada pembelajaran PJOK terdapat banyak metode
pembelajaran yang menuntut siswa untuk melakukan gerakan yang dapat merangsang
keaktifan gerak siswa, salah satunya melalui aktifitas pemanasan, pemberian
materi pemanasan yang tepat akan membuat siswa lebih siap dan bersemangat untuk
mengikuti materi inti dari guru PJOK, ada beberapa metode pemanasan antara lain
adalah pemanasan dengan menggunakan permainan kecil dan pemanasan konvensional.
Sebenarnya kedua jenis pemanasan tersebut mempunyai tujuan yang sama yaitu
membuat siswa berada dalam kondisi yang siap untuk mengikuti materi inti
sehingga siswa lebih aktif dan pembelajaran bisa berlangsung dengan baik dan
efektif. Namun kembali lagi bagaimana peran guru bisa membuat suasana
pembelajaran yang menyenangkan supaya siswa senang mengikuti semua materi, guru
harus pandai memberikan banyak variasi gerakan di dalam pembelajarannya supaya
siswa tidak bosan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
perbandingan pertisipasi aktif dan seberapa besar perbandingan pertisipasi
aktif siswa dalam pembelajaran pendidikanjasmani, olahraga dan kesehatan menggunakan
pemanasan dengan permainan kecil dan konvensional pada siswa kelas VII SMPN 4
Widodaren Ngawi. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian perbandingan (Comparative research) dengan pendekatan
kuantitatif. P engambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen
analisa proporsi fokus (APF)
H asil penelitian dan
analisis data dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbandingan partisipasi aktif siswa dalam
pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan menggunakan pemanasan
dengan permainan kecil dan konvensional pada siswa kelas VII SMPN 4 Widodaren
Ngawi. Hal tersebut dapat dilihat dari T hitung
(0,42) lebih kecil dari T tabel (2,105) Hal ini berarti menun j ukkan bahwa H0 diterima
dan Ha ditolak,
Kata Kunci : Permainan Kecil, Konvensional,
Partisipasi Aktif