Strategi Pemasaran Tata Rias Pengantin Muslim di Aisyah Wedding
Muslim Bridal Makeup Marketing Strategy at Aisyah Wedding
Aisyah Wedding merupakan salah satu usaha atau jasa yang bergerak di bidang wedding organizer. Cepatnya kemajuan bidang usaha jasa dari Aisyah Wedding mengakibatkan peneliti terkesan untuk menganalisis strategi pemasarannya, dikarenakan strategi di Aisyah Wedding dapat memikat perhatian pelanggan agar memakai jasa di Aisyah Wedding. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan di Aisyah Wedding. Penelitian ini tergolong dalam kategori penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan mengunakan penelitian berupa wawancara dan dokumentasi. Informan adalah owner Aisyah Wedding. Menggunakan teknik analisis data kualitatif yang dilakukan melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan untuk menghasilkan suatu data yang faktual dan kuat. Teori yang diterapkan dalam penelitian ini mengacu pada teori strategi bauran pemasaran dari Kotler dan Amstrong yang menjelaskan bahwa strategi bauran pemasaran adalah cara di dalam pemasaran yang di implementasikan perusahaan secara terus menerus agar memenuhi misi perusahaan. Hasil penelitian menunjukan jika : Aisyah Wedding menerapkan empat macam elemen pokok strategi pemasaran yaitu: produk, harga, tempat dan promosi. Tempat gallery Aisyah Wedding sangat strategis dan berdekatan dengan pasar tradisional, tempat wisata, pondok, dan kampus. Strategi promosi yang paling ampuh dalam menarik perhatian pelanggan. Strategi promosi dilakukan dengan cara langsung dan tidak langsung. Strategi promosi yang sangat berpengaruh dalam pendapatan Aisyah Wedding adalah strategi promosi Word Of Mouth (WOM) atau sering disebut dengan strategi promosi mulut ke mulut. Pelayanan dari Aisyah Wedding yang baik membuat banyak konsumen selalu merekomendasikan jasa Aisyah Wedding ke kerabat atau teman.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Tata Rias Pengantin Muslim, Wedding Organizer
Aisyah Wedding is one of the businesses or services engaged in the field of wedding organizers. The fast progress of the service business of Aisyah Wedding has impressed researchers to analyze the marketing strategy, because the strategy at Aisyah Wedding can attract the attention of consumers to use the services of Aisyah Wedding. This research belongs to the category of qualitative descriptive research. Data collection techniques using research in the form of interviews and documentation. Th informant iss the owner of Aisyah Wedding. Using qualitative data analysis techniques carried out trough the process of data collection, data reduction, data presentation and drawing concluions to produce factual and strong data. The theory applied in this study refers to the theory of marketing mix strategy from Kotler and Amstrong which explains that the marketing mix strategy is was a way in marketing that the company implements continuously in order to fulfill the company’s mission. The result showed that Aisyah Wedding applied four main elements of a marketing strategy,namely: product, price, place and promotion. Aisyah Wedding’s gallery place is very strategic and close to traditional markets, tourist attractions, cottages, and campuses. The most effective promotional strategy in attracting the attention of customers promotional strategies are carried out in a direct and indirect way. A promotional strategy that is very influential in Aisyah Wedding’s income is a Word Of Mouth (WOM) promotion strategy of often referred to as word of mouth promotion strategy. Good services from Aisyah Wedding makes many consumers always recommend Aisyah Wedding’s services to relatives or friends.
Keywords: Marketing Strategy,Muslim Bridal Makeup,Wedding Organizer.