PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KETERAMPILAN MENGGAMBAR SISWA DPIB
APPLICATION OF PROJECT-BASED LEARNING TO THE DRAWING SKILLS OF DPIB STUDENTS
Terdapat kendala yang sering dihadapi oleh guru dalam sekolah menengah kejuruan diantaranya yaitu siswa yang malas , bosan, mengantuk di dalam kelas sehingga hal tersebut mem-buat siswa kurang paham serta kurang terampil dalam bidang kejuruannya. Untuk mengatasi masalah tersebut maka ada beberapa faktor yang mempengaruhi tercapainya tujuan pem-belajaran salah satunya yaitu pemilihan model pembelajaran yang tepat.
Model pembelajaran yang diterapkan pada penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) dan model pembelajaran langsung (DI). Model pembelajaran berbasis proyek merupakan model pembelajaran yang menekankan pada aktivitas siswa untuk berfokus pada prinsip suatu pelajaran yang melibatkan siswa untuk memecahkan suatu masalah, serta bisa kerja sama dalam menghasilkan suatu produk yang menarik sedangkan model pembelajaran langsung dalam pelaksanaannya dominasi guru banyak dikurangi guru hanya memberikan informasi disaat waktu yang tepat.
Tujuan yang terdapat pada penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui perbedaan keterampilan menggambar siswa dalam penggunaan model pembelajaran langsung (DI) dengan model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) pada siwa dan (2) untuk mengetahui respon siswa pada penggunaan model pembelajaran berbasis proyek.
Metode pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan tipe Quasi experimental design, menggunakan desain penelitian post test only control design dengan teknik pengambilan sampel mengguna-kan simple random sampling, sehingga populasi pada penelitian ini adalah kelas XII DPIB dengan sampel penelitian kelas XII DPIB 2 dan XII DPIB 3. Pengambilan data dipilih secara random, dimana pada kelas eksperimen diberikan perlakuan penerapan model pembelajaran berbasis proyek sedangkan pada kelas kontrol diberikan perlakuan model pembelajaran langsung, kedua kelas diberikan soal uji keterampilan menggambar, selanjutnya pada model pembelajaran berbasis proyek diberikan lembar respon berupa angket untuk mengetahui reaksi siswa dalam penerapan model tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) hasil rata-rata nilai keterampilan post-test kelas kontrol adalah 73,18 sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 84,18. (2) Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil keterampilan menggambar siswa antara penerapan pembelajaran berbasis pro-yek dengan model pembelajaran langsung. (3) Hasil presentase respon siswa pada kelas eksperimen dalam bentuk angket diperoleh 89%, sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa menga-lami peningkatan dalam keterampilan menggambar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek.
Kata Kunci: Pembelajaran berbasis proyek, keterampilan menggambar.
The are obstacles that are often faced by teachers in vocational high schools, including students who are lazy, bored, sleepy in class so that this makes students less understanding and less skilled in their vocational fields. To overcome these problems, there are several factors that influence the achievement of learning objectives, one of which is the selection of the right learning model.
The learning models applied in this study are projectnbased learning models (PjBL) and direct instruction models (DI). The project based learning model is a lerning model that emphasizes student activities to focus on the principles of a lesson that involves student to solve a problem, and can work together in producing an interesting product while the direct instruction model in its implementation has a lot of teacher dominance minus the teacher only providing inform-ation at the right time.
The objective oh this study were (1) to determine the differences in students drawing skills in the use of direct instruction model (DI) with project based learning model (PjBL) on students and (2) to determine students responses to the use of project based learning model.
The method in this study is quantitative with the type of Quasi experimental design, using a post test only control design research design with sampling techniques using simple random sampling, so that the population in this study were XII DPIB 1, XII DPIB 2, XII DPIB 3 classes, with research samples of XII DPIB 2 and XII DPIB 3 classes. Data collection was selected randomly, where the experimental class was given the treatment of applying a project based learning model while the contol class was given the treatment of a direct instruction, both classes were given drawing skills test questions, then the project based learning model was given a response sheet in the form of a questionnaire to find out the students reaction to the application of the model.
The results showed that (1) the average result of the post test skill value of the control class was 73,18 while in the experimental class the average value was 84,18. (2) So it can be concluded that there are differences in the results of students drawing skills between the application of project based learning and direct instruction models. (3) The results of the percentage of students responses in the experimental class in the form of a questionnaire obtained 89%, so it can be concluded that students experienced an increase in drawing skills by using a project based learning model.
Keywords: Project based learning, drawing skills.