Niat Pembelian Online Pada Startup Digital: Peran Dukungan Sosial Dan Sikap Konsumen
Internet saat ini merupakan hal yang sangat penting bagi perkembangan bisnis startup. Banyak startup yang saat ini beralih menggunakan teknologi dan berinovasi membantu para pelaku usaha kecil menengah untuk menjalankan bisnis, sehingga dapat meningkatkan omset usahanya terlebih di era pandemi Covid - 19 saat ini. Banyaknya jumlah bisnis startup berbasis teknologi seperti platform belanja online, membuat masyarakat cenderung berniat melakukan pembelian online. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membahas pengaruh dukungan emosional, dukungan informasional, dan sikap konsumen terhadap niat pembelian pada platform belanja online Titipku. Pada penelitian ini menggunakan nonprobability sampling dengan menggunakan kriteria dari peneliti agar dapat memudahkan membidik responden. Responden adalah seseorang yang belum pernah melakukan pembelian pada platform belanja online Titipku dengan rentang usia 18 – 55 tahun sebanyak 200 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan variabel dukungan emosional, dan sikap konsumen memiliki pengaruh terhadap niat pembelian pada platform belanja online Titipku, sedangkan variabel dukungan informasional tidak memiliki pengaruh terhadap niat konsumen dalam melakukan pembelian pada platform belanja online Titipku. Titipku untuk dapat merumuskan dan menemukan strategi memperoleh jumlah pengguna atau konsumen untuk membantu usaha kecil yang tergabung di dalamnya serta dalam meningkatkan kualitas situsnya agar memudahkan konsumen dapat terhubung.
The internet today is very important for the development of a startup business. Many startups are currently switching to using technology and innovating to help small and medium businesses run their businesses to increase their business turnover, especially in the current Covid-19 pandemic. Many technology-based startup businesses, such as online shopping platforms, make people tend to intend to make online purchases. This study aims to analyze and discuss the effect of emotional support, informational support, and consumer attitudes on purchase intentions on the Titipku online shopping platform. This study uses non-probability sampling by using the criteria of the researcher in order to make it easier to target respondents. The respondent is someone who has never made a purchase on the Titipku online shopping platform with an age range of 18 - 55 years, as many as 200 respondents. The data analysis technique used multiple linear regression analysis. The results showed that the variables of emotional support and consumer attitudes influenced purchase intention on the Titipku online shopping platform. In contrast, the informational support variable did not affect consumer intentions to purchase the Titipku online shopping platform. Titipku is to formulate and find a strategy to get the number of users or consumers to help small businesses that are members of it and improve the quality of their sites to make it easier for consumers to connect.