Media pembelajaran memiliki peran agar pembelajaran menjadi menyenangkan dan bermakna bagi peserta didik. Terlebih pada pembelajaran IPA, membutuhkan media pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis, melakukan pengamatan, dan membuat kesimpulan. Banyaknya penelitian sebelumnya mengenai media Pop Up yang dapat membat efektif pembelajaran, maka peneliti ingin mengetahui pendapat dari guru mengenai media Pop Up Card ini terutama bila diterapkan dalam materi sistem pencernaan manusia. Selain itu peneliti juga ingin mengetahui bagaimana dampak penggunaan media Pop Up Card materi sistem pencernaan manusia bagi guru dan peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tempat penelitian di dua Sekolah Dasar, yaitu SDN Gunung Sari I dan SDN Tembok Dukuh di Surabaya. Sumber data dalam penelitian ini adalah Guru Kelas V dan Kepala Sekolah. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diambil dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, bahwa guru mudah dalam membuat dan menggunakan media Pop Up Card materi sistem pencernaan manusia ketika diterapkan dalam pembelajaran. Alasan mengapa guru senang menggunakan media Pop Up Card ini karena dalam proses pembuatannya mudah dan cepat, sehingga dirasa cocok bagi guru-guru yang tidak memiliki banyak waktu untuk membuat media pembelajaran. Namun terdapat pula kelemahan dalam media ini yaitu ukurannya yang kecil membuat siswa yang duduk di barisan belakang tidak dapat melihat media tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, dampak dari penggunaan media Pop Up Card materi sistem pencernaan manusia bagi guru adalah menambah wawasan mengenai media pembelajaran dan anggapan bahwa membuat media pembelajaran yang sulit sedikit menghilang. Selain itu dampak bagi siswa adalah siswa menjadi senang ketika pembelajaran. Siswa menjadi lebih aktif selama pembelajaran berlangsung, dan juga mereka menjadi lebih paham mengenai materi sistem pencernaan manusia. Kata Kunci: Studi Deskriptif, Media Pop Up Card, Sistem Pencernaan Manusia.
Learning media has a role so that learning becomes fun and meaningful for students. Especially in learning science, requires learning media to develop critical thinking skills, make observations, and make conclusions. The number of earlier studies on Pop Up media can help effective learning, so researchers want to know the opinions of teachers about the Pop Up Card media, especially when applied in the material of the human digestive system. In addition, researchers also want to find out how the impact of using Pop Up Card media for the human digestive system for teachers and students. This study uses a qualitative approach with qualitative descriptive data analysis techniques. Data collection techniques used in this study were observation, interviews, and documentation. Research sites in two elementary schools, namely Gunung Sari I SDN and Tembok Dukuh SDN in Surabaya. Sources of data in this study were Class V Teachers and Principals. Data analysis techniques used are data collection, data reduction, data presentation, and verification. Based on the results of research taken using interview, observation, and documentation techniques, that the teacher is easy in making and using Pop Up Card media material for the human digestive system when applied in learning. The reason teachers like to use Pop Up Card is because in the process of making it easy and fast, so it is felt suitable for teachers who do not have much time to make learning media. But there is also a weakness in this media, which is its small that makes students sitting in the back row unable to see the media. Based on the results of the study, the impact of using Pop Up Card media for the human digestive system for teachers is to add insight into learning media and the notion that making difficult learning media a little disappears.Besides the impact on students is students become happy when learning. Students become more active during learning, and they become more understanding about the material of the human digestive system. Keywords: Descriptive Study, Pop Up Card Media, Human Digestive System.