Perception of Youth in Surabaya About Coffee Shop as Lifestyle of Urban Community
Perubahan gaya hidup telah melanda masyarakat kota besar di Indonesia, ditandai oleh menjamurnya tempat menikmati kopi bergaya, industri kecantikan, industri fashion, pusat perbelanjaan dan lain sebagainya. Konsumsi terhadap sesuatu kini tidak sekedar berdasarkan nilai guna produk melainkan pada nilai-nilai personal konsumen dan prestise. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menginterpretasikan persepsi anak muda di Surabaya mengenai coffee shop sebagai gaya hidup. Menggunakan metode fenomenologi dan jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah anak muda di Surabaya datang ke coffee shop tidak sekedar untuk memenuhi kebutuhan minum kopi bagi dirinya yang coffee addict, melainkan datang untuk mendapatkan valiadasi dari lingkungan sekitarnya bahwa apa yang ia lakukan sesuai dengan gaya hidup masyarakat perkotaan masa kini. Melalui gaya berpenampilan, bertutur kata dengan menggunakan gaya bahasa gaul, dan hal-hal lain yang merepresentasikan bahwa dirinya berada di era modern.
Kata Kunci: Persepsi, anak muda, gaya hidup, coffee shop
Changes in lifestyle have hit the people of big cities in Indonesia, marked by the proliferation of places to enjoy stylish coffee, the beauty industry, the fashion industry, shopping centers. Consumption of something is now not only based on the use value of the product but on the consumer's personal values and prestige. This study aims to determine and interpret the perceptions of young people in Surabaya about coffee shop as a lifestyle. Using phenomenological methods and types of qualitative research with data collection techniques through interviews. The result of this research is that young people in Surabaya come to coffee shop not only to fulfill their coffee addict needs, but also come to get validation from the surrounding environment that what they do is in accordance with the lifestyle of today's urban communities. Through the style of appearance, speak using slang style, and other things that represent that he is in the modern era.
Keywords: Perception, youth, lifestyle, coffee shop