KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BARIS DAN DERET BERDASARKAN GAYA BELAJAR VISUAL, AUDITORI, DAN KINESTETIK
MATHEMATICAL COMMUNICATION IN SOLVING SEQUENCE AND SERIES PROBLEM BASED ON VISUAL, AUDITORY, AND KINAESTHETICS LEARNING STYLE
KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BARIS DAN DERET DITINJAU DARI GAYA BELAJAR VISUAL, AUDITORI, DAN KINESTETIK
Nama : Ulinnuha Aisya Putri
NIM : 19030174053
Program Studi : S1- Pendidikan Matematika
Fakultas : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Institusi : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Evangelista Lus Windyana Palupi, M.Sc.
Komunikasi matematis adalah cara siswa mengungkapkan ide-ide mereka terhadap masalah matematika. Komunikasi matematis sendiri terbagi menjadi dua macam, yaitu komunikasi matematis tertulis dan komunikasi matematis verbal. Setiap siswa memiliki cara yang berbeda untuk mengkomunikasikan ide-ide mereka. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi komunikasi matematis adalah gaya belajar karena terbukti memberikan peran penting dalam proses pembelajaran dimana siswa mulai fokus, mengolah, menginternalisasi, dan menyimpan informasi. Gaya belajar dapat didefinisikan sebagai cara orang berkonsentrasi, memproses, dan mengingat informasi. Individu dengan gaya belajar pilihan mereka sendiri akan memiliki cara yang berbeda untuk mengkomunikasikan ide atau pendapat mereka.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan komunikasi matematis verbal dan tulis siswa dalam menyelesaikan soal barisa.n dan deret berdasarkan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik karena masih banyak siswa yang belum mampu mengungkapkan pemikirannya terhadap soal barisan dan deret. . Sesuai dengan tujuan penelitian, metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI dengan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik yang dominan. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah gaya belajar dan tes prasyarat, tes lisan, dan tes tertulis. Hasil tes lisan dan tertulis akan dianalisis untuk mendapatkan gambaran tentang komunikasi matematis lisan dan tulis siswa dari masing-masing peserta.
Hasil komunikasi matematis verbal menunjukkan bahwa siswa visual tidak mampu mengkomunikasikan ide-ide matematis, tetapi mampu memberikan solusi dan kesimpulan. Berbeda dengan gaya belajar auditori, individu dengan gaya belajar auditori unggul dalam belajar dengan menyimak yang menyebabkan siswa dengan gaya belajar auditori mampu memenuhi semua indikator, yaitu mengkomunikasikan ide-ide matematis, mengungkapkan solusi, dan membuat kesimpulan. Individu dengan gaya belajar kinestetik tidak mampu memenuhi salah satu indikator yaitu membuat kesimpulan tetapi mampu mengkomunikasikan ide-ide matematis dan memberikan solusi dengan cara yang disukainya. Hasil komunikasi matematis tertulis menunjukkan bahwa siswa visual dan auditori mampu memenuhi semua indikator komunikasi matematis tertulis, yaitu memahami informasi dari soal, menuangkan soal ke dalam bentuk visual, mengidentifikasi cara penyelesaian soal, dan membuat kesimpulan. Dan untuk siswa kinestetik, dia mampu memahami informasi dari masalah dan mengidentifikasi cara untuk menyelesaikan masalah, tetapi tidak mampu menuangkan masalah ke dalam bentuk visual dan membuat kesimpulan.
Kata kunci: gaya belajar, komunikasi matematis, soal barisan
Name : Ulinnuha Aisya Putri
Study Program : Bachelor of Mathematics Education
Faculty : Mathematics and Natural Science
College : State University of Surabaya
Supervisor : Evangelista Lus Windyana Palupi, M.Sc.
Mathematical communication is the way students express their ideas towards mathematics problem. Mathematical communication itself is divided into two kinds, namely written mathematical communication and verbal mathematical communication. Each students has different ways in communicating their ideas. One of the factors that could affects the mathematical communication is learning styles because its proven to give an important role in learning process in which students begins to focus, process, internalize, and retain information. Learning style could be define as the way people concentrate on, processes, and remember information. Individual with their own preferred learning style will have difference way of communicating their ideas or opinion.
The purpose of this research is describing verbal and written mathematical communication of the student in solving sequence and series problem based on visual, auditory, and kinaesthetic learning style since there are still many students have not been able to convey their thoughts toward sequence and series problem. In accordance with the research purpose, the method used is a qualitative approach. Participants in this research are students of grade XI with a dominant visual, auditory, and kinaesthetic learning style. Data collection in this research are learning style and pre-requisite test, oral test, and written test. The result of oral test and written test will be analyzed to get a description about student’s verbal and written mathematical communication of each participants.
The result of verbal mathematical communication shows that visual student is unable to communicate the mathematical ideas, but able to provide the solution and conclusion. It is different with the auditory one, individual with auditory learning style is excellence in learning by listening which leads the student with auditory learning style is able to fulfil all indicators, namely communicating the mathematical ideas, expressing the solution, and making conclusion. Individual with kinaesthetic learning style is unable to satisfied one of the indicator, namely making conclusion but able to communicate mathematical ideas and provide the solution in their preferred way. The result of written mathematical communication shows that visual and auditory student is able to satisfied all the indicators of written mathematical communication, namely, understand the information from the problem, pour out the problem into visual from, identify the ways to solve the problem, and make the conclusion. And for the kinaesthetic students, she is able to understand the information from the problem and identify the ways to solve the problem, but unable to pour out the problem into visual form and to make the conclusion.
Keywords: learning style, mathematical communication, sequence and series problem.