Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Pada Materi Lembaga Keuangan Dalam Perekonomian
Development of Animated Video Learning Media on Financial Institutions in the Economy
Penelitian ini didasari oleh rendahnya ketertarikan, keterlibatan dan perhatian siswa saat
pembelajaran hybrid berlangsung penelitian ini dilaksanakan. Sehingga dibutuhkannya media
ajar yang mampu menarik minat belajar siswa. Pengembangan ini memiliki tujuan untuk
melihat kelayakan, efektivitas, berdaya guna, bersamaan dengan pendapat siswa dan
peningkatan alat peraga video animasi. Pada analisis ini memanfaatkankan skema Research
and Development (R&D) dengan melalui 4 fase yang biasa dikenal dengan 4-D. Subjek
analisis ini merupakan siswa dari SMA Negeri 16 Surabaya kelas X IPS 1. Hasil analisis yang
didapat dari pakar validasi membuktikan bahwa presentase kelayakan untuk media ajar,
materi, efektivitas, dan berdaya guna kedalam kelompok sangat layak. Tanggapan siswa
memperoleh presentase 89,4% dengan kategori sangat layak untuk dipergunakaan sebagai
bahan ajar terutama saat pembelajaran hybrid berlangsung dan dapat dipergunakan dalam
upaya untuk menumbuhkan ambisi dan gairah belajar siswa.
This research is based on the low interest, involvement and attention of students when hybrid
learning takes place. This research was carried out. So that the need for teaching media that is
able to attract students' interest in learning. This development has the aim of seeing the
feasibility, effectiveness, efficiency, along with student opinions and improving animated video
props. This analysis utilizes the Research and Development (R&D) scheme by going through 4
phases commonly known as 4-D. The subjects of this analysis are students from SMA Negeri
16 Surabaya class X IPS 1. The results of the analysis obtained from validation experts prove
that the percentage of eligibility for teaching media, materials, effectiveness, and efficiency
into groups is very feasible. Student responses obtained a percentage of 89.4% with a very
feasible category to be used as teaching materials, especially when hybrid learning takes place
and can be used in an effort to grow student ambition and passion for learning.