Pengembangan Lembar Penugasan Terstruktur pada Materi Laju Reaksi untuk Melatihkan Keterampilan Argumentasi
The Development of Structured Assignment Sheet on Reaction Rate Materials to Train Argumentation Skills
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Penugasan Terstruktur Keterampilan Argumentasi (LPT-KA) pada materi laju reaksi yang layak digunakan sebagai perangkat pembelajaran kimia. LPT-KA dikembangkan menggunakan metode Research and Develompment (R&D) untuk menghasilkan LPT-KA yang memenuhi kriteria kelayakan validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Pada Desember 2020 dilakukan uji coba terbatas terhadap peserta didik SMAN 1 Sidayu dan SMA Assa’adah yang telah memperoleh materi laju reaksi dengan jumlah keseluruhan sebanyak 15 orang. Intrumen yang digunakan terdiri atas lembar telaah, lembar validasi, lembar angket respon peserta didik, dan lembar tes keterampilan argumentasi. Hasil penelitian didapatkan validitas LPT-KA dengan kategori sangat valid yang memperoleh persentase kesesuaian isi sebesar 83%, kesesuaian indikator keterampilan argumentasi sebesar 90%, komponen penyajian sebesar 83%, dan komponen kebahasaan sebesar 82%. Respon peserta didik terhadap indikator keterampilan argumentasi (claim, evidence, reasoning, dan rebuttal) didapatkan persentase untuk setiap komponen sebesar 100% dengan kriteria sangat praktis. Hasil tes keterampilan argumentasi peserta didik menunjukkan efektivitas LPT-KA yang memperoleh nilai N-gain skor sebesar 0,78 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa Lembar Penugasan Terstruktur (LPT) yang telah dikembangkan dapat dijadikan sebagai perangkat pembelajaran untuk melatihkan Keterampilan Argumentasi (KA) pada materi laju reaksi.
Kata Kunci: Lembar Penugasan Terstruktur, Laju Reaksi, Keterampilan Argumentasi
This research aims to produce a Structured Assignment Sheet of Argumentation Skills (SAS-AS) on reaction rate material, which is suitable to use as a chemistry learning tool. The SAS-AS is developed using the Research and Development (R&D) method to produce SAS-AS to fulfill the eligibility criteria of validity, practicality, and effectiveness. In December 2020, a limited trial was conducted on students of SMAN 1 Sidayu and SMA Assa'adah who had obtained material reaction rates with a total of 15 people. The instruments which are used consist of a review sheet, a validation sheet, a student response questionnaire, and an argumentation skill test sheet. The results showed that the validity of the SAS-AS was very valid with a content suitability percentage of 83%, an indicator suitability of argumentation skills of 90%, a presentation component of 83%, and a language component of 82%. The response of students to the indicators of argumentation skills (claim, evidence, reasoning, and rebuttal) obtained a percentage for each component of 100% with very practical criteria. The results of the students’ argumentation skills test showed the effectiveness of SAS-AS which obtained an N-gain score of 0.78 in the high category. It can be concluded that the Structured Assignment Sheet (SAS) which has been developed, can be used as a learning tool for practicing Argumentation Skills (AS) on the reaction rate material.
Keywords: Structured Assignment Sheet, Reaction Rate, Argumentation Skills