Development of Unplugged Coding on Numeracy Literacy Skills of Children Aged 5-6 Years
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan literasi numerasi pada anak usia 5-6 tahun di lembaga TK yang masih belum berkembang secara maksimal. Hal tersebut dikarenakan beberapa alasan antara lain guru belum memberikan pembelajaran yang merujuk pada literasi numerasi serta belum adanya media pembelajaran yang sesuai. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengembangkan, mengetahui kelayakan dan keefektifan penggunaan media buku unplugged coding literasi numerasi dalam mengembangkan kemampuan literasi numerasi anak usia 5-6 tahun.
Jenis penelitian ini menggunakan Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan yang digunakan tersebut memiliki 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek dalam penelitian ini ialah anak usia 5-6 tahun kelompok B TK Karunia Kebraon. Media buku unplugged coding literasi numerasi ini telah dikembangkan dan melakukan uji validasi dengan validasi instrumen ahli materi yang dilakukan sekali dan mendapatkan hasil presentase 92% dengan kategori media buku unplugged coding literasi numerasi ini sangat layak digunakan. Sedangkan validasi instrumen oleh ahli media dilakukan sekali dan mendapatkan hasil presentase 90% dengan kategori bahwa media buku unplugged coding literasi numerasi ini layak digunakan sebagai bahan ajar untuk mengembangkan kemampuan literasi numerasi anak usia 5-6 tahun. Dari uji keefektifitas media yang telah dianalisis menggunakan perhitungan uji Wilcoxon Matched Pairs Test menggunakan SPSS 29 menunjukkan bahwa Asymp. Sig.(2-tailed) sebesar <0,001 sehingga p<0,05 atau 0,001 < 0,05, karena hasil pengujian dari nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan rata-rata antara pretest dengan posttest yang mengalami kenaikan skornya pada hasil posttest. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan mediabuku unplugged coding literasi numerasi ini efektif digunakan untuk mengembangkan kemampuan literasi numerasi pada anak usia 5-6 tahun.
Kata Kunci : Unplugged Coding, Literasi Numerasi, Usia 5-6 tahun
This research is motivated by the ability of numeracy literacy in children aged 5-6 yearsin kindergarten institutions that are still not maximally developed. This is due to several reasons including the teacher has not provided learning that refers to numeracy literacy and the absence of appropriate learning media. The purpose of this study was to develop, determinethe feasibility and effectiveness of using numeracy literacy unplugged coding book media indeveloping numeracy literacy skills for children aged 5-6 years.
This type of research uses Research and Development with the ADDIE development model. The development model used has 5 stages, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. The subjects in this study were 5-6 year old children in group B of Karunia Kebraon Kindergarten. This numeracy literacy coding unplugged book media has been developed and tested validation with material expert instrument validation which was carried out once and obtained a percentage result of 92% with the category of numeracy literacy coding unplugged book media is very feasible to use. While the instrument validation by media experts was carried out once and obtained a percentage result of 90% with the category that this numeracy literacy coding unplugged book media is feasible to use as teaching material to develop numeracy literacy skills of children aged 5-6 years. From the media effectiveness test that has been analyzed using the Wilcoxon Matched Pairs Test calculation using SPSS 29 shows that Asymp. Sig. (2-tailed) of <0.001 so that p<0.05 or 0.001 <0.05, because the test results of the significance value are smaller than 0.05, Ho is rejected and Ha is accepted. This means that there is an average difference between the pretest and posttest which increases the score on the posttest results. So it can be concluded that the use of this numeracy literacy coding unplugged book media is effectively used to develop numeracy literacy skills in children aged 5-6 years.
Keywords: Unplugged Coding, Numeracy Literacy, 5-6 years old