Haifa Azninda, 2021. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning Online Menggunakan Strategi Blended Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Ilmiah Peserta Didik SMP. Tesis. Program Studi Pendidikan Sains, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Dr. Raharjo, M.Si., (2) Dr. Titin Sunarti., M.Si.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning Online , strategi Blended Learning , Kemampuan Literasi Ilmiah peserta didik
Penelitian ini bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran model Problem Based Learning Online yang layak ditinjau dari segi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan untuk meningkatkan kemampuan literasi ilmiah peserta didik. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D dengan tahapan Define, Design, Develop, dan Disseminate . Tahap implementasi dilakukan pada peserta didik kelas 8 di MTsN 4 Jombang dengan menggunakan desain penelitian one group pretest-postest design . Perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan divalidasi oleh tiga validator. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan angket, selanjutnya dianalisis secara menggunakan metode campuran yaitu deskriptif kuantitatif terlebih dahulu berdasarkan nilai rerata validitas, keterlaksanaan, aktivitas peserta didik, peningkatan kemampuan literasi ilmiah dan respon peserta didik. Data kuantitatif tersebut kemudian dianalisis secara kualitatif berdasarkan kategorinya masing-masing.
Data hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut: validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan berkategori sangat valid; penilaian keterlaksanaan pembelajaran memiliki kategori baik; aktivitas yang paling dominan dilakukan peserta didik ada pada pengerjaan tugas proyek sederhana pada LKPD nilai tes kemampuan literasi ilmiah peserta didik mengalami peningkatan setelah diterapkannya pembelajaran Problem Based Learning Online menggunakan strategi Blended Learning dengan kategori n-gain sedang yaitu masing-masing kelas memiliki nilai rerata n-gain 0,59; 0,48; 0,59; sebagian besar peserta didik memberikan respons positif terhadap komponen pembelajaran dan menunjukkan minat yang baik untuk mengulangi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning Online menggunakan strategi Blended Learning.
Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi ilmiah peserta didik dengan pengaturan waktu yang baik dari guru.