Pengaruh Penggunaan Media Sosial YouTube Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMKN 12 Surabaya
The Influence of the Use of YouTube Social Media on Students' Learning Motivation at SMKN 12 Surabaya
Abstrak
Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Youtube merupkan salah satu media sosial untuk berbagi macam edukasi pembelajaran bagi dunia pendidikan dengan memberikan berbagai metode pembelajaran dalam bermedia social termasuk menshare banyaknya video dan bahkan edukasi vloger lainnya yang saat ini sudah meningkat tinggi dalam dunia sosial media bahkan saat ini youtube sudah memiliki peringkat banyak fitur seperti ivloger dan juga menguplode segala hal terutama berbagi pengalaman dari rana pendidikan sendiri. Sedangkan Menurut Hamzah B.Uno (2011:23) hakikat motivasi belajar adalah dorongan internal dan eksternal pada siswa-siswa yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan tingkahlaku,pada umumnya dengan beberapa indikator atau unsur yang mendukung. Motivasi belajar ini mempunyai peranan besar dalam keberhasilan seseorang dalam belajar. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh dari penggunaan media sosial youtube dengan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian korelasional dengan tehnik analisis data. Populasi dalam penelitianini adalah SMKN 12 Surabaya dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII - DKV. Teknik pengumpilan data dilakukan ini dengan proses menyebar angket melalui google form. Dalam analisis didapati hasil nilai signifikasi dari media sosial youtube adalah 0,273 lebih besar dari probabilitas 0,05 (0,273 > 0,050), sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak, yang berarti Tidak Ada Pengaruh Penggunaan Media Sosial Youtube Terhadap Motivasi Belajar Siswa.
Kata Kunci: Media Sosial,YouTube,Motivasi Belajar,Siswa SMKN 12,Tujuan,Korelasional.
Abstract
Social media is an online medium, with its users being able to easily participate, share, and create content including blogs, social networks, wikis, forums and virtual worlds. Youtube is one of the social media to share various kinds of learning education for the world of education by providing various learning methods in social media including sharing many videos and even other vlogger education which is currently increasing high in the world of social media even now YouTube already has a rating of many features. like ivloger and also uploading everything, especially sharing experiences from the shutter of education itself. Meanwhile, according to Hamzah B. Uno (2011: 23) the nature of learning motivation is internal and external encouragement for students who are learning to make changes in behavior, in general with several indicators or supporting elements. This learning motivation has a big role in a person's success in learning. The purpose of this study was to examine the effect of the use of YouTube social media on student learning motivation. This research was conducted using correlational research with data analysis techniques. The population in this study was SMKN 12 Surabaya and the samples in this study were students of class XII - DKV. The data collection technique was carried out by distributing questionnaires through the google form. In the analysis, it was found that the significance value of youtube social media was 0.273, which is greater than the probability of 0.05 (0.273 > 0.050), so it can be concluded that H0 is accepted and Ha is rejected, which means "There is No Effect of Using Youtube Social Media on Student Learning Motivation" .
Keywords: Social Media, YouTube, Learning Motivation, SMKN 12 Students, Goals, Correlation