SCHOOL STRATEGY IN STRENGTHENING THE DISCIPLINE OF STUDENTS AFTER THE PANDEMIC AT SMPN 3 SURABAYA
ABSTRAK
STRATEGI SEKOLAH DALAM MENGUATKAN SIKAP DISIPLIN PESERTA DIDIK PASCA PANDEMI DI SMPN 3 SURABAYA
Nama
: Mayangrizky Oktaviani
NIM
: 18040254101
Program Studi
: S1 PPKn
Jurusan
: PMP-KN
Fakultas
: Ilmu Sosial dan Hukum
Nama Lembaga
: Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing
: Dr. Harmanto, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi sekolah dalam menguatkan sikap disiplin peserta didik pasca pandemi di SMPN 3 Surabaya. Fokus penelitian ini terletak pada strategi pihak sekolah dalam menguatkan sikap disiplin belajar peserta didik sebagai peralihan transisi daring menjadi luring. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Sesuai dengan Teori Thomas Lickona yang memuat tiga aspek yaitu moral knowing (pengetahuan moral), moral feeling (perasaan moral), dan moral behavior (tindakan moral). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi sekolah yang dilakukan di SMPN 3 Surabaya memuat beberapa aspek yaitu kerjasama dengan orang tua untuk menguatkan kedisiplinan peserta didik berupa patuh terhadap protokol kesehatan, keterlibatan peran pihak sekolah dengan orang tua melalui grup whatsapp di masing-masing kelas. Hal ini bertujuan untuk pengarahan akan sikap disiplin peserta didik, jadi sekolah bersifat terbuka selama kegiatan di sekolah. Selanjutnya menggiatkan kembali budaya literasi membaca di sekolah. Literasi ini dilakukan sepuluh menit sebelum peserta didik pulang sekolah. Sikap disiplin juga dikuatkan melalui wawasan karakter disiplin setiap sebelum masuk kelas. Selanjutnya strategi sekolah melalui sikap empati ini berupa kepedulian sekolah terhadap protokol kesehatan dan tata tertib yang ada. Kegiatan diluar yakni adanya ektrakurikuler wajib maupun pilihan yang tersedia di SMPN 3 Surabaya. Ekstrakurikuler ini mampu menguatkan tingkat kedisiplinan peserta didik pada pembelajaran pasca pandemi.
Kata Kunci: strategi sekolah, sikap disiplin, pasca pandemi
ABSTRACT
Name
Study Program
Major
Faculty
: Sosial Science and Law
Name of Institution
: State University Of Surabaya
Supervisor
This study aims to analyze the school's strategy in strengthening the disciplined attitude of post-pandemic students at SMPN 3 Surabaya. The focus of this research lies in the school's strategy in strengthening students' learning discipline attitudes as a transition from online to offline. This research uses a qualitative research approach with a case study method. In accordance with Thomas Lickona's theory which contains three aspects, namely moral knowing (moral knowledge), moral feeling (moral feeling), and moral behavior (moral action). The results of this study indicate that the school strategy carried out at SMPN 3 Surabaya contains several aspects, namely collaboration with parents to strengthen student discipline in the form of obeying health protocols, involvement of the school's role with parents through WhatsApp groups in each class. This aims to direct the discipline of students, so the school is open during activities at school. Furthermore, reactivate the reading literacy culture in schools. This literacy is done ten minutes before students go home from school. Discipline is also strengthened through insight into the character of discipline before entering class. Furthermore, the school's strategy through this attitude of empathy is in the form of school concern for existing health protocols and rules. Outside activities, namely the existence of compulsory and optional extracurriculars available at SMPN 3 Surabaya. This extracurricular is able to strengthen the level of discipline of students in post-pandemic learning.
Keywords: school strategy, discipline, post-pandemic