PERAN TUTOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PROGRAM PAKET B DI PKBM BUDI UTAMA
THE ROLE OF THE TUTOR IN INCREASING LEARNING MOTIVATION IN INDONESIAN COURSE PACKAGE B PROGRAM AT PKBM BUDI UTAMA
Pendidikan merupakan bentuk investasi jangka panjang yang berharga bagi setiap manusia. Dapat kita ketahui bahwa masih banyak masyakarat yang mengalami putus sekolah khususnya di Kota Surabaya hal ini tentunya menjadi masalah mengingat bahwa pendidikan merupakan hak setiap individu, siapapun dan bagaimanapun keadaanya setiap individu berhak mendapatkan pendidikan yang layak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran tutor dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat tutor dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di PKBM Budi Utama Kota Surabaya. Peserta didik mengalami penurunan semangat belajar khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Tenik pengambilan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi,dokumentasi, dan partisipan. Subjek penelitian berjumlah 6 orang, terdiri dari 1 Kepala PKBM Budi Utama, 1 Tutor Bahasa Indonesia Program Paket B PKBM Budi Utama, dan 4 Peserta Didik Program Paket B PKBM Budi Utama. Analisis data terdiri dari kondensasi data, display data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan keabsahan data terdiri dari kredibilitas, dependabilitas, konfirmabilitas dan transferabilitas. Hasil penilitian ini yaitu peran tutor dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik sudah berjalan dengan baik diantaranya: 1) Tutor dapat memberikan umpan balik dengan peserta didik; 2) Tutor dapat menyampaikan materi dengan baik secara tatap muka maupun melalui media alat komunikasi; 3) Tutor dapat memberikan dukungan, bimbingan, motivasi, serta membantu peserta didik dalam mengembangkan keterampilan belajarnya. Faktor-faktor pendukung, yakni: 1) Sarana prasarana yang mendukung pembelajaran, 2) Suasana belajar yang nyaman dan kondusif, serta 3) Sumber daya manusia yang mendukung. Faktor-faktor penghambat, yakni: 1) Adanya peserta didik yang mengalami kesulitan membaca dan menulis, 2) Alat komunikasi gawai (HP) menjadi penghambat saat pembelajaran dilaksanakan secara daring, serta 3) Tutor kurang jelas saat menyampaikan materi pembelajaran.
Kata Kunci: peran tutor, program paket B, motivasi belajar.
Education is a form of long-term investment that is valuable for every human being. We can know that there are still many people who have dropped out of school, especially in the city of Surabaya, this is certainly a problem considering that education is the right of every individual, whoever and whatever the situation, every individual has the right to a proper education. This study aims to describe the role of tutors in increasing learning motivation in Indonesian subjects, to describe the supporting factors and inhibiting factors of tutors in increasing learning motivation in Indonesian subjects at Budi Utama PKBM Surabaya City. Students experience a decrease in enthusiasm for learning, especially in Indonesian subjects. This study uses a qualitative research method with a qualitative descriptive approach. Data collection techniques used in-depth interviews, observation, documentation, and participant techniques. The research subjects were 6 people, consisting of 1 Head of PKBM Budi Utama, 1 Indonesian Tutor for the Package B PKBM Budi Utama Program, and 4 Students of the Budi Utama PKBM Package B Program. Data analysis consisted of data condensation, data display, and conclusion drawing, while data validity consisted of credibility, dependability, confirmability and transferability. The results of this research are the role of tutors in increasing students' learning motivation has been going well including: 1) Tutors can provide feedback with students; 2) Tutors can deliver material either face-to-face or through communication media; 3) Tutors can provide support, guidance, motivation, and assist students in developing their learning skills. Supporting factors, namely: 1) Infrastructure that supports learning, 2) A comfortable and conducive learning atmosphere, and 3) Supporting human resources. Inhibiting factors, namely: 1) There are students who have difficulty reading and writing, 2) Communication devices (HP) become obstacles when learning is carried out online, and 3) Tutors are not clear when delivering learning materials.
Keywords: roles of tutors, program paket B, learning motivation.