PENGARUH MEDIA MATCH ME (GANTUNG AKU) TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL POLA PADA KELOMPOK A TK KEMALA BHAYANGKARI PONOROGO
Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa guru mengajarkan matematika hanya dengan mengenalkan lambang bilangan. Sedangkan ketika belajar lambang bilangan anak harus mampu mengenal bentuk angka. Untuk mengenal bentuk angka harus mengenal konsep pola terlebih dahulu. Kemampuan mengenal konsep pola merupakan tahapan awal pembelajaran matematika yang sangat penting bagi kemampuan kognitif anak dimasa yang akan datang. Maka dari itu, perlu adanya media yang menarik, salah satunya dengan menggunakan media Match Me (Gantung Aku). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media Match Me (Gantung Aku) terhadap kemampuan kognitif mengenal pola pada kelompok A TK Kemala Bhayangkari Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design dengan rancangan Non Equivalent control group design. Subjek penelitian berjumlah masing-masing 17 anak pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Penelitian ini menggunakan interrater reliability dengan uji konsistensi Cohen’s Kappa. Teknik analisis data menggunakan Paired Sample T Test. Jika nilai signifikansi atau Sig (2-tailed) < dari 0,05 maka hipotesis atau Ha diterima dan Ho ditolak. Sebaliknya jika nilai signifikansi signifikansi atau Sig (2-tailed) > dari 0,05 maka hipotesis atau Ha ditolak dan Ho diterima.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak belajar melalui trial and error agar mampu mencapai tingkat perkembangan yang lebih baik. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan nilai Sig (2-tailed) yaitu sebesar 0,000 < 0,05 maka sesuai dengan dasar pengambilan keputusan uji Paired Sample T Test dapat disimpulkan bahwa media Match Me (Gantung Aku) berpengaruh terhadap kemampuan kognitif mengenal pola pada kelompok A TK Kemala Bhayangkari Ponorogo.
Kata Kunci : media match me (gantung Aku), kemampuan kognitif mengenal pola, anak usia dini
INFLUENCE OF MEDIA MATCH ME (MY HANGER) AGAINST COGNITIVE ABILITY TO KNOW PATTERN IN GROUP A TK KEMALA BHAYANGKARI PONOROGO
Based on observations it is known that the teacher teaches mathematics only by introducing the symbol of numbers. Whereas when learning the symbol of number children must be able to recognize the form of numbers. To recognize the form of numbers must recognize the concept of the pattern first. The ability to recognize the concept of pattern is an early stage of learning mathematics that is very important for children's cognitive abilities in the future. Therefore, there needs to be an interesting media, one of them is by using media Match Me (Hang Me). The purpose of this study was to determine the effect of media Match Me (Hanging Me) on cognitive abilities to recognize patterns in group A TK Kemala Bhayangkari Ponorogo.
This study uses a quantitative research approach with the type of Quasi Experimental Design research with the design of Non Equivalent control group design. The research subjects were 17 children each in the experimental class and the control class. The technique of collecting data uses observation. This study uses interrater reliability by testing the consistency of Cohen’s Kappa. Data analysis techniques using Paired Sample T Test. If the significance value or Sig (2-tailed) <0.05 then the hypothesis or Ha is accepted and Ho is rejected. Conversely if the significance value is significant or Sig (2-tailed)> than 0.05 then the hypothesis or Ha is rejected and Ho is accepted.
The results of the study show that children learn through trial and error to be able to achieve a better level of development. Based on the results of the hypothesis test, the Sig (2-tailed) value is equal to 0,000 <0,05 so that according to the basis of the decision making the Paired Sample T Test can be concluded that the media Match Me (affect me) affects cognitive ability to recognize patterns in group A TK Kemala Bhayangkari Ponorogo.
Keywords: media match me (hang me), cognitive abilities recognize patterns, early childhood