STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KURINER INDONESIA DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH PELANGGAN DI TUBAN
MARKETING COMMUNICATION STRATEGY KURINER INDONESIA IN AN EFFORT TO INCREASE THE NUMBER OF CUSTOMERS IN TUBAN
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan jasa transportasi online lokal Kuriner Indonesia dalam upaya meningkatkan penjualan di Tuban. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan menggunakan metode studi kasus. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara dan pengamatan yang didasarkan pada data yang diperoleh dari sumber data primer, yaitu owner Kuriner Indonesia, pekerja Kuriner Indonesia, dan Pelanggan Kuriner Indonesia.
Hasil penelitian menunjukkan Kuriner Indonesia memberikan layanan jasa dengan harga terjangkau namun tetap memberikan kualitas pelayanan baik. Tak hanya berbagai layanan yang disediakan Kuriner juga meneriman permintaan pesanan unik dari konsumennya. Strategi promosi yaitu publikasi pada artikel online, memanfatkan media social, melakukan kegiatan promosi secara mulut ke mulut, serta melakukan support dan sponsorship event. Kuriner juga menyediakan jasanya dapat dipesan diseluruh wilayah daerah Tuban. Kuriner Indonesia menargetkan semua masyarakat Tuban dari seluruh kalangan mulai dari remaja, dewasa hingga rentan usia, dan sekelompok konsumen yang memiliki permintaan khusus dan unik. Menggunakan aplikasi WhatsApp untuk memesan layanan jasanya. Memberikan beberapa layanan fisik untuk mendukung keamanan dan kepercayaan pelanggannya seperti kelengkapan atribut yang digunakan driver dan penumpang (helm dan masker), box makanan, box barang, dan kelengkapan berkendara untuk penumpang.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Transportasi Online, Meningkatkan Jumlah Pelanggan.
This research aims to describe and understand the marketing communication strategies carried out by the lokal online transportation service Kuriner Indonesia in an effort to increase sales in Tuban. This type of research is qualitative and uses the case study method. The data collection technique was carried out by means of interviews and observations based on data obtained from primary data sources, namely Indonesian Kuriner employees, Indonesian Kuriner workers and Indonesian Kuriner customers.
The research results show that Kuriner Indonesia provides services at affordable prices but still provides good service quality. Not only do Kuriner provide various services, it also accepts unique order requests from its customers. Promotional strategies include publishing online articles, utilizing social media, carrying out promotional activities by word of mouth, as well as supporting and sponsoring events. Couriers also provide services that can be ordered throughout the Tuban area. Kuriner Indonesia targets all Tuban residents from all walks of life, from teenagers, adults to the vulnerable, and groups of consumers who have special and unique requests. Use the WhatsApp application to order services. Providing several physical services to support the safety and trust of its customers, such as complete attributes used by drivers and passengers (helmets and masks), food boxes, goods boxes, and driving equipment for passengers.
Keywords: Marketing Communication Strategy, Online Transportation, Sales