ABSTRAK
Fitri, Octavia Cipta, 2019. Pengembangan Media Animasi Berbasis Multimedia Pada Materi Daur Hidup Kupu-kupu Bagi Siswa Cerebral Palsy. Tesis, Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Asri Wijiastuti, M. Pd, dan (II) Dr. Endang Pudjiastuti Sartinah, M. Pd.
Kata-kata Kunci: Pengembangan, Media Animasi, Multimedia, Daur Hidup Kupu-kupu, Cerebral Palsy
Anak cerebral palsy mengalami hambatan fisik sehingga kurang wawasan mengenai peristiwa-peristiwa yang terjadi dialam sekitar salah satunya adalah materi daur hidup kupu-kupu. Penggunaan media animasi berbasis multimedia menumbuhkan minat belajar dan motivasi siswa untuk memahami materi daur hidup kupu-kupu yang sulit untuk diamati dan dijelaskan oleh guru.
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) Produk, (2) kevalidan, (3) kepraktisan, (4) keefektifan produk media animasi berbasis multimedia pada materi daur hidup kupu-kupu bagi siswa cerebral palsy. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahap yaitu Analysis, Design, Develop, Implement dan Evaluate. Pengumpulan data dengan metode observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian pengembangan media animasi yaitu teknik analisis data hasil uji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil produk pengembangan ini adalah media animasi berbasis multimedia untuk siswa cerebral palsy materi daur hidup kupu-kupu.
Berdasarkan uji kevalidan dari beberapa ahli diperoleh hasil; (1). Ahli materi 95,58%; (2). Ahli media 82,12%; (3). Ahli cerebral palsy 75%. Hasil uji kepraktisan memperoleh hasil dari respon pengguna yaitu guru 100%, dan respon pengguna siswa memperoleh hasil 93%. Hasil uji keeektifan menggunakan uji gain dan memperoleh hasil 0,75. Hasil analisis dari pengembangan media animasi memperoleh hasil penilaian dari para ahli dengan kategori sangat valid, uji kepraktisan memperoleh hasil dengan kategori sangat praktis, dan uji keefektifan dengan melakukan kegiatan pretest dan posttest memperoleh hasil dengan kategori tinggi. Dapat diambil kesimpulan bahwa pengembangan media animasi berbasis multimedia pada materi daur hidup kupu-kupu bagi siswa cerebral palsy valid, praktis, dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran
ABSTRACT
Fitri, Octavia Cipta, 2019. Development Animation Media Based Multimedia at Life Cycle Butterfly Material for Students Cerebral Palsy. Master’s Thesis, Special Education Study Program, Graudate Program, State University of Surabaya. Advisors: (I) Dr. Asri Wijiastuti, M. Pd, dan (II) Dr. Endang Pudjiastuti Sartinah, M. Pd.
Keywords: Development, Animation Media, Multimedia, Life Cycle Butterfly, Cerebral Palsy
Cerebral palsy children repair physical problems so they cannot see the problems that occur anywhere, one of which is recycled material that lives in butterflies. The use of multimedia-based animation media fosters interest in learning and motivates students to get butterfly recycled material that is difficult to understand for teachers.
The purpose of this study were to describe (1) Product, (2) Validity, (3) Practicality, (4) Effectiveness product animation media based multimedia at Life Cycle Butterfly Material for Students Cerebral Palsy. This research and development uses the ADDIE development model which consists of five stages, namely Analysis, Design, Develop, Implement and Evaluate. Data collection using observation, questionnaires, and tests. Data analysis techniques carried out in the development of animation media research are data analysis techniques as a result of validity testing, practicality, and effectiveness. The results of this development product are multimedia-based animation media for students of cerebral palsy life cycle butterfly material.
Based on validity tests from several experts, results were obtained; (1). Material expert 95.58%; (2). Media expert 82.12%; (3). 75% cerebral palsy expert. Practical test results obtained results from the user response, namely teacher 100%, and student user responses obtained 93%. The results of the effectiveness test used the gain test and obtained a result of 0.75. The results of the analysis of the development of animation media obtained the results of evaluations from experts with very valid categories, practicality tests obtained results with very practical categories, and effectiveness tests by conducting pretest and posttest activities obtained high-category results. It can be concluded that the development of multimedia-based animation media on butterfly life cycle material for cerebral palsy students is valid, practical, and effective to be used in learning activities.