PENERAPAN STORYBIRD DALAM MENULIS TEKS RECOUNT UNTUK SISWA KELAS SEPULUH
THE IMPLEMENTATION OF STORYBIRD IN WRITING A RECOUNT TEXT FOR TENTH GRADE STUDENTS
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan Storybird dalam menulis teks recount untuk siswa kelas sepuluh di SMA Surabaya. Storybird adalah aplikasi web yang mendukung proses pendidikan. Storybird adalah situs web mendongeng digital kreatif yang memungkinkan siswa untuk menulis cerita mereka sendiri menggunakan fitur penulisannya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan terhadap skor post-test untuk menulis teks recount antara kelompok eksperimen dan kontrol setelah Storybird diterapkan. Sebuah metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini, dan kelompok kontrol posttest-only subjek yang benar-benar acak adalah desainnya. Sampel penelitian ini adalah 61 siswa kelas X SMA Negeri di Surabaya dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui post-test dan dianalisis dengan rumus t-test menggunakan komputasi SPSS. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam skor posttest antara kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil independent sample t-test signifikan pada .012 < .05, menunjukkan perbedaan yang signifikan pada hasil post-test. Kesimpulannya, disarankan agar siswa dapat menerapkan Storybird dalam menulis teks recount.
The objective of this research is to investigate the effect of the implementation of Storybird in writing a recount text for tenth-grade students in Surabaya Senior High School. Storybird is a web application that supports the educational process. Storybird is a creative digital storytelling website that allows students to write their own stories using its writing feature. Therefore, this study aimed to determine if there was a significant difference in the post-test score for producing a recount text between the experimental and control groups after Storybird was implemented. A quantitative method was used in this study, and a true experimental randomized subject posttest-only control group was the design. The samples of this study were 61 tenth-grade students of Senior High School in Surabaya from the experimental class and control class. The data were gathered through post-test and analyzed by the t-test formula using SPSS computation. The findings of this study revealed that there was a significant difference in post-test scores between the experimental and control groups. The independent sample t-test results were significant at .012 < .05, showing a significant difference in the post-test results. In conclusion, it suggested that students can implement Storybird in writing a recount text.