WISATA RELIGI KOMPLEK MAKAM GUS DUR TAHUN 2009-2017
RELIGI TOURISM GUS DUR COMPLEX IN 2009-2017
KH. Abdurrahman Wahid yang akrab dengan panggilan Gus Dur lahir pada 07 September 1940, beliau lahir dan besar dari keluarga ulama besar. Gus Dur merupakan tokoh yang disegani oleh masyarakat dari berbagai golongan, bagi kaum minoritas Gus Dur adalah sosok pahlawan. Gus Dur meninggal pada 30 Desember 2009, di makamkan di makam keluarga di Pesantren Tebuireng Jombang. Semenjak adanya Makam Gus Dur di Tebuireng membuat kawasan tersebut menjadi ramai dikunjungi para peziarah dan menjadi tempat wisata religi. Penelitian ini menarik karena akan membahas tentang faktor-faktor makam Gus Dur menjadi destinasi wisata religi, perkembangan wisata religi Makam Gus Dur dan dampak dari keberadaan Makam Gus Dur dirasakan oleh masyarakat.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini mengambil rumusan masalah yaitu Faktor apa saja yang menyebabkan Makam Gus Dur menjadi destinasi wisata religi baru di Jombang, bagaimana perkembangan wisata religi Makam Gus Dur antara tahun 2009-2017, dan bagaimana dampak keberadaan wisata religi Makam Gus Dur terhadap kehidupan masyarakat sekitarnya. Metode yang digunakan adalah metode penelitian sejarah yang mempunyai 4 langkah. Langkah pertama adalah Heuristik, yaitu mencari dan mengumpulkan sumber yang terkait dengan wisata religi Makam Gus Dur tahun 2009-2017, sumber primer didapat dari narasumber yaitu hasil wawancara dan dokumentasi. Untuk sumber sekunder diperoleh dari data Badan Pusat Statistik Kabupaten Jombang dan buku penunjang tentang Gus Dur. Kritik merupakan tahapan untuk melakukan pengujian terhadap sumber primer dan dan sekunder. Interpretasi adalah tahapan untuk mencari keterkaitan antara satu sumber dengan sumber yang lain yang ada, sehingga dapat diperoleh fakta sejarah tentang Wisata Religi Makam Gus Dur Tahun 2009-2017. Historiografi adalah tahap penulisan sejarah yang sesuai dengan data yang diperleh berkaitan dengan Wisata Religi Makam Gus Dur.
Hasil dari penelitian adalah, kawasan Tebuireng ramai dikunjungi setelah Gus Dur dimakamkan di wilayah tersebut. Masyarakat yang berziarah ke makam Gus Dur mempercayai beliau adalah wali kesepuluh. Setelah masyarakat tersebut ramai dikunjungi peziarah, pedagang mulai menetap dan berdagang di kawasan Tebuireng sehingga kawasan tersebut dijadikan wisata religi. Wisata religi Makam Gus Dur semakin berkembang dengan adanya pembangunan fasilitas pendukung untuk kenyamanan peziarah yang di lakukan Pemerintah Kabupaten Jombang dan pengurus mulai tahun 2009-2017. Adanya wisata religi Makam Gus Dur memberikan dapak berupa sosial, budaya, ekonomi, dan agama. Dampak yang menonjol adalah perubahan mata pencaharian masyarakat. Perkembangan wisata religi Makam Gus Dur tidak di imbangi dengan sifat kooperatif pihak Pengurus makam terhadap masyarakat sekitar.
KH. Abdurrahman Wahid, who was familiar with Abdurrahman's nickname was born on September 7, 1940, he was born and grew up in a large family of ulema. Gus Dur is a respected figure by people from various groups, for the minority Gus Dur is a hero. Abdurrahman died on December 30, 2009, was buried in the grave of a family in the Pesantren Tebuireng Jombang. Since Gus Dur's tomb in Tebuireng has made the area visited by pilgrims and became a religious tourism destination. This research is interesting because it will discuss the factors of Gus Dur's tomb as a religious tourism destination, the development of Gus Dur's religious tourism and the impact of the existence of Gus Dur's tomb felt by the community.
Based on this background, this study takes the formulation of the problem, which are the factors that caused the Gus Dur Tomb to become a new religious tourism destination in Jombang, how the development of Gus Dur Tomb religious tourism between 2009-2017, and how the impact of the existence of Gus Dur Tombs religious tourism to the lives of the surrounding community. The method used is a historical research method that has 4 steps. The first step is Heuristics, which is looking for and collecting sources related to the religious tourism of the Gus Dur Tomb in 2009-2017, the primary source obtained from the informant is the results of interviews and documentation. For secondary sources obtained from data from the Central Statistics Agency in Jombang and supporting books on Gus Dur. Criticism is a stage for testing primary and secondary sources. Interpretation is the stage to look for the relationship between one source with another existing source, so that historical facts can be obtained about the Religious Tourism of Gus Dur's Tomb in 2009-2017. Historiography is the stage of writing history in accordance with the data obtained relating to the Religious Tourism of Gus Dur's Tomb.
The results of the study are that the area of Tebuireng was crowded after Gus Dur was buried in the area. People who visited the tomb of Abdurrahman believed he was the tenth guardian. After the community was visited by pilgrims, traders began to settle and trade in the Tebuireng area so that the area was turned into religious tourism. The religious tour of Gus Dur's grave is increasingly developing with the construction of supporting facilities for the convenience of pilgrims carried out by the Government of Jombang Regency and its management from 2009-2017. The existence of religious tourism Gus Dur's Tomb provides a social, cultural, economic, and religious foundation. The prominent impact was the change in people's livelihoods. The development of Gus Dur's grave religious tourism is not matched by the cooperative nature of the tomb management towards the surrounding community.