PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS SMARTPHONE MATERI AKSARA MURDA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 SIDOARJO
DEVELOPMENT OF E-MODULE BASED ON SMARTPHONE MATERIALS OF AKSARA MURDA AT JAVA LANGUAGE FOR CLASS VIII IN JUNIOR HIGH SCHOOL 4 SIDOARJO
Penelitian pengembangan ini memiliki tujuan untuk mengembangkan media e-modul berbasis smartphone pada mata pelajaran bahasa jawa materi aksara murda untuk kelas VIII di SMPN 4 Sidoarjo yang layak dan efektif untuk digunakan pada kegiatan pembelajaran. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode pengembangan Research & development. Untuk metode uji kelayakan menggunakan angket dari ahli desain pembelajaran, ahli materi, ahli media. Angket siswa dari uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar atau uji coba lapangan. Untuk uji keefektifan menggunakan uji t, one group pretest-postest yaitu melibatkan kelas VIII SMPN 4 Sidoarjo. Hasil dari analisa data ahli desain pembelajaran = 100%, Dari 2 Ahli materi = 93,75% , ahli media pembelajaran = 94,44%. Diperoleh hasil uji coba = 93,33%, ujicoba kelompok kecil = 94,16%, ujicoba lapangan atau ujicoba kelompok besar = 97,5%. Data tersebut menunjukkan bahwa media ini layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran. Ditambah dengan hasil uji keefektifan media yaitu, uji homogenitas Fhitung yaitu 1,607 diketahui F dengan taraf sifnifikan 5% kemudian Ftabel = 1,822, dinyatakan bahwa data berdistribusi homogen, Pada uji normalitas ∑X2 hitung= 8,56. Diketahui bawhwa nilai tabel X2= 11,070. Karena hasil X2 hitung lebih kecil daripada X2, maka dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian pada hitungan ttest diperoleh hasil bahwa thitung lebih besar dari ttabel yaitu 5,11 > 2,03. Maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan hasil postest. Berdasarkan hasil hitungan yang sudah dijelaskan di atas, dapat disimpulkan bahwa media E-modul Berbasis Smartphone Materi Aksara Murda Mata Pelajaran Bahasa Jawa ini efektif untuk digunakan untuk pembelajaran
Kata Kunci: Pengembangan, Media e-modul berbasis smartphone, R&D, aksara murda
The purpose of this development research is to develop an e-module based on smartphone materials of aksara murda at java language for class VIII in Junior High School 4 Sidoarjo that are suitable and effective in learning activities. To achieve this goal, this research uses the Research & development method. For the feasibility test method using a questionnaire from the experts of learning design, material experts, and media experts. While student questionnaire based from individual trials, small group trials, and large group trials or field trials. For effectiveness test using the t test, one group pretest-posttest that involves class of VIII Junior High School 4 Sidoarjo.
The results of analysis data from the experts of learning design = 100%, from 2 material experts = 93.75%, learning media experts = 94.44% . Obtained of trial results = 93.33%, small group trials = 94.16%, field trials or large group trials = 97.5%. The data shows that media is appropriate to be used for learning activities. And with the results of the effectiveness media test, the homogeneity test Fcount is 1.607 is known F with a significance level of 5% then Ftable = 1.822, the stated of data is homogeneous distribution, the normality test ∑X2 count = 8.56. It is known that the table value X2 = 11,070. Because the X2 count is smaller than X2, it is declared to be normally distributed. Then the test count results are obtained that the tcount is greater than the ttable that is 5.11> 2.03. There are a significant difference between the pretest and posttest results. Based on the results of the calculations that have been explained above, it can be concluded that e-module based on smartphone materials of aksara murda at java language for class VIII in Junior High School 4 Sidoarjo is effective to be used for learning.
Keywords: Development, e-module based on smartphone, R&D, aksara murda