ABSTRAK
PENERAPAN METODE
PEMBELAJARANPEER TUTORING BERBANTU JOBSHEET PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR
DENGAN PERANGKAT LUNAK KELAS XI DPIB DI SMK NEGERI 1 SIDOARJO
Nama :
Ali Syafi’i
NIM :
14050534021
Program Studi :
S1 PendidikanTeknikBangunan
Jurusan :
TeknikSipil
Fakultas :
Teknik
NamaLembaga :
UniversitasNegeri Surabaya
Pembimbing : NinikWahjuHidajati, S.Si., M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan
pembelajaran, responsiswa dan hasilbelajarsiswa dengan menggunakan metodepembelajaranpeer tutoring berbantujobsheet .
Desain penelitian yang digunakanadalah one-shot case study. Pelaksanaannya
di Sekolah Menengah KejuruanN egeri1 S idoarjo , jurusan DesainPermodelandanInformasiBangunan ( DPIB ) dan waktu penelitian dilakukan pada
semester gasal 201 8 /201 9 .
Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI DPIB 2
dengan jumlah 3 6 siswa. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu analisis deskriptif dengan menganalisa kelayakan perangkat pembelajaran , keterlaksanaan pembelajaran, respondan hasil
belajar siswa d engan hipotesis yang diuji menggunakan uji-t pihak kiri.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa , keterlaksanaanpembelajarandenganmetodepeer tutoring berbantujobsheet padapertemuan1
mendapatkanpresentasesebesar 80%, danpadapertemuan 2 memperolehpresentasesebesar
87% . Artinya,
penelitianterlaksanadengankategoribaikdansangatbaik.
Responsiswasecarakeseluruhanmemperoleh presentase sebesar 77,35% yang
artinyasiswamemilikiresponyang baikterhadappenerapanmetodepembelajaranpeer tutoring berbantujobsheet . Hasil belajar siswa untukranahkognitifmendapatkan
nilai rata-rata 79,4 (≥75) . R anahpsikomotorikmenunjukan nilai
rata-rata 82,1 (≥75) . Hasil akhir nilai dari kedua ranah tersebut digabung dengan
proporsi 30% untuk ranah kognitif, dan 70% untuk ranah psikomotorik. Hasil
penggabungankedua ranah tersebut mendapatkan presentase sebesar 90,91% (≥75%) dan
dikategorikan tuntas. Hasil
uji t menunjukkan nilai sebesar 4,19 untuk
ranah kognitif, sedangkan untuk ranah psikomotorik menunjukkan nilai sebesar
7,72, dengan nilai t tabel 1, 69 signifikan pada
0,05. Maka H0 diterima dan Ha ditolak.
Kata Kunci : Peer Tutoring , Jobsheet, MenggambardenganPerangkatLunak,
Autocad, HasilBelajar.