Miskonsepsi Peserta Didik SMP Pada Materi Bentuk Akar Dengan Menggunakan Instrumen Four-Tier Test
Pemahaman konsep merupakan kunci keberhasilan untuk belajar matematika. Jika peserta didik dapat memahami konsep dengan baik, maka peserta didik akan lebih mudah untuk mempelajari atau memahami konsep selanjutnya yang berkaitan. Kesalahpahaman terhadap suatu konsep yang telah disepakati oleh para ahli sehingga menimbulkan kekeliruan terhadap konsep itu sendiri disebut miskonsepsi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan miskonsepsi peserta didik SMP pada materi bentuk akar menggunakan instrumen Four-Tier Test. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan instrumen Four-Tier Test. Sumber data pada penelitian ini yaitu 31 peserta didik SMP kelas IX yang sudah mempelajari materi bentuk akar dan pemilihan subjek pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian ini diperoleh dengan cara memberikan tes kepada peserta didik lalu dianalisis berdasarkan kriteria pengelompokan miskonsepsi pada Four-Tier Test dan dilanjutkan dengan wawancara. Pada penelitian ini ditemukan peserta didik SMP yang mengalami miskonsepsi pada materi bentuk akar dengan persentase sebesar 60% dari 31 peserta didik. Miskonsepsi yang ditemukan pada penelitian ini terdapat pada konsep sifat bentuk akar, merasionalkan bentuk akar, dan definisi bentuk akar. Faktor penyebab peserta didik mengalami miskonsepsi tersebut karena peserta didik hanya menghafal materi yang diajarkan dan jarang mengerjakan soal latihan untuk mengasah pemahaman peserta didik terhadap sifat bentuk akar. Maka dari itu sangat penting bagi guru untuk mengetahui miskonsepsi peserta didik agar guru dapat mengerti konsep yang tidak dipahami oleh peserta didik. Selain itu guru seharusnya memberikan latihan soal dan pemahaman ulang kepada peserta didik agar dapat memahami materi bentuk akar dengan baik.
Kata Kunci: Miskonsepsi, bentuk akar, Four-Tier Test.
Concept understanding is the key to success in learning mathematics. If students can understand the concept well, then students will find it easier to learn or understand the next related concept. Misunderstanding a concept that has been agreed upon by experts so that it causes an error in the concept itself is called a misconception. The purpose of this study was to describe the misconceptions of junior high school students on the root form material using the Four-Tier Test instrument. This research is a descriptive study with a qualitative approach and uses the Four-Tier Test instrument. The data sources in this study were 31 students of class IX SMP who had studied the root form and the subject in this study using the purposive sampling technique. The research data was obtained using tests for students and analyzed based on the criteria for grouping misconceptions on the Four-Tier Test and followed by interviews. In this study, it was found that junior high school students experienced misconceptions in the root form material with a percentage of 60% of the 31 students. The misconceptions found in this study are contained in the concept of the nature of the root form, rationalizing the shape of the root, and the definition of the root form. The factor that causes students to experience these misconceptions is because students only memorize the material being taught and rarely do practice questions to hone students' understanding of the nature of root forms. Therefore, it is very important for teachers to know the misconceptions of students so that teachers can understand concepts that are not understood by students. In addition, the teacher must provide training about and understanding to students so that they can understand the root form material well.
Keywords: Misconception, root form, Four-Tier Test.