Kebiasaan menunda suatu pekerjaan seringkali dapat dijumpai dan dapat terjadi pada siapapun dan kapanpun. Fenomena ini merupakan masalah yang cukup kritis dan sangat berdampak buruk terhadap pelakunya, hal ini karena pekerjaan atau tugas yang harusnya terselesaikan dengan deadline yang telah ditentukan tidak dapat terselesaikan dengan baik. Faktanya bahwa di SMP Muhammadiyah 9 Surabaya ditemukan siswa yang mengalami prokrastinasi akademik yang tinggi. Oleh karena itu, pemberian sebuah intervensi dengan memanfaatkan kegiatan konseling kelompok teknik self instruction untuk menurunkan prokrastinasi akademik yang dialami siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji keberhasilan penggunaan konseling kelompok teknik self instruction untuk menurunkan prokrastinasi akademik yang dialami siswa kelas VIII SMP Muhammdiyah 9 Surabaya. Penelitian ini menggunakan desain pre-experimental design dengan bentuk one group pre-test and post-test design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Angket tersebut digunakan untuk mencari data mengenai prokrastinasi akademik yang tinggi. Subyek penelitiannya adalah 6 siswa kelas VIII C SMP Muhammdiyah 9 Surabaya. Analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik dengan uji wilcoxon.
Hasil analisis menunjukkan bahwa diketahui nilai Z adalah -2,214 dan nilai Asymp. Sig. (1-tailed) sebesar 0,021. Bila dalam ketetapan α (taraf signifikasi) sebesar 5% maka, 0,021< 0,05 jadi dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan konseling kelompok self instruction dapat menurunkan tingkat prokrastinasi akademik siswa kelas VIII C SMP Muhammdiyah 9 Surabaya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai salah satu acuan yang dapat dikembangkan dalam melakukan penelitian selanjutnya berkaitan dengan konseling kelompok teknik self instruction.
Kata kunci : Konseling Kelompok Teknik Self Instruction, Prokrastinasi Akademik
The habit of delaying a work or task is a huge common problem and could happen to anyone at any time. This phenomenon is a problem that is quite critical and has a very bad impact for the doers, it is because the work or task that must be fulfilled by the deadline could not be finished properly. In SMP Muhammadiyah 9 Surabaya, the researcher finds students with experience of high academic procrastination. Therefore, researcher wants to provide an intervention by utilizing the counseling activitiy group with self instruction technique to reduce academic procrastination experienced by the students.
This study aims to test the success of the use of counseling group of self instruction technique to reduce the academic procrastination experienced by the students of eighth grade of SMP Muhammadiyah 9 Surabaya. This study uses a pre-experimental design in form of one group pre-test and post-test design. The data collection method is a questionnaire. The questionnaire is used to find the data on high academic procrastination. The subject is six students of eighth grade of SMP Muhammadiyah 9 Surabaya. The analysis of the data is a non parametric statistics with Wilcoxon test.
The result of the analysis shows that the value of Z is -2,214 and the value of Asymp. Sig. (1-tailed) is 0.021. If in the determination of α (significance level) is 5%, then 0.021 <0.05 so it could be concluded that Ho is rejected and Ha is accepted. Furthermore, it could be concluded that the application of self instruction group counseling could reduce the level of academic procrastination in eighth grade students of SMP Muhammadiyah 9 Surabaya. The result of the study is expected to be used as one of the references in conducting further research related to the group counseling of self instruction technique.
Keywords : Group Counseling of Self Instruction Technique, Academic Procrastination