PENGARUH SELF-EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DALAM MATA PELAJARAN IPS DI SMPN 27 SURABAYA
THE EFFECT OF SELF-EFFICACY ON SOCIAL STUDIES LEARNING OUTCOMES FOR GRADE 8 STUDENTS IN SOCIAL STUDIES SUBJECTS AT SMPN 27 SURABAYA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII di SMPN 27 Surabaya. Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif pendekatan ex post facto dengan dua variabel independen Selfefficacy berdasarkan pengalaman keberhasilan orang lain dan Selfefficacy bersumber pada keberhasilan dalam menyelesaikan tugas tepat waktu dan hasil sangat baik, hasil belajar IPS untuk variabel terikat kelas VIII .Sampel penelitian sebanyak 308 siswa kelas VIII SMPN 27 Surabaya. Proportional stratified random sampling adalah teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel. Dengan menggunakan angket dan tes hasil belajar IPS sebagai metode pengumpulan data, sampel keseluruhan yang diperoleh dengan menggunakan rumus Slovin sebanyak 39 orang. Analisis data dengan korelasi parsial dan analisis regresi berganda SPSS 21.0. Hasil analisis mendukung hipotesis pertama yang menyatakan bahwa hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS dipengaruhi oleh efikasi diri berdasarkan pengamatannya terhadap prestasi orang lain, dengan t hitung sebesar 2,517 dan sig 0,016. Hipotesis Kedua Selfefficacy bersumber pada keberhasilan dalam menyelesaikan tugas tepat waktu dan hasil sangat baik berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII degan t hitung 4,380 dan sig 0,000. Hipotesis Ketiga Selfefficacy berdasarkan pengalaman keberhasilan orang lain dan Selfefficacy bersumber pada keberhasilan dalam menyelesaikan tugas tepat waktu dan hasil sangat baik simultan berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII dengan nilai f hitung 50,909 dan sig 0,000.
Kata Kunci: Selfefficacy berdasarkan pengalaman keberhasilan orang lain, Self-efficacy bersumber pada keberhasilan dalam menyelesaikan tugas tepat waktu dan hasil sangat baik, Hasil belajar IPS
Goal of the study was to ascertain how self-efficacy affected students' learning in social studies classes at SMPN 27 Surabaya. Ex post facto quantitative research is the style used two independent variables Selfefficacy based on the experience other people's success and Selfefficacy based on success in completing assignments on time and excellent, variables depending on students' social studies learning outcomes class VIII. The population used this students of class VIII SMPN 27 Surabaya, 308 students. Stratified proportional sampling utilized in the sampling procedure and Slovin, total 39 students with data collection form questionnaires and social studies learning tests. Data analysis with partial correlation and multiple regression test with SPSS 21.0 the results, First hypothesis self-efficacy based on the experience of others' achievement influences the social studies learning outcomes of class VIII pupils of the results of 2,517 and sig 0.016. Second Hypothesis Self-efficacy results from finishing tasks on time and performing very well on social studies learning outcomes for class VIII pupils 4,380 and sig 0,000. Third Hypothesis an f count of 50,909 and sig 0.000.
Keywords: Self-efficacy based on the experience of other people's success, Self-efficacy stems from success in completing tasks on time and excellent results, Social studies learning outcomes