Abstrak
Miskonsepsi merupakan perbedaan konsep yang dimiliki siswa dengan yang disepakati para ahli. Miskonsepsi terjadi di berbagai bidang termasuk pada materi virus. Miskonsepsi dapat dihilangkan apabila letak miskonsepsi dapat teridentifikasi terlebih dahulu dengan instrumen tes miskonsepsi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan miskonsepsi yang dialami siswa, persentase miskosepsi siswa, dan penyebab miskonsepsi yang terjadi pada siswa kelas X SMA yang terindentifikasi pada konsep virus menggunakan Certainty of Response Index. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif evaluatif dengan tahapan mengembangkan instrumen tes miskonsepsi siswa menggunakan kombinasi Certainty of Response Index dan Three-tier test pada materi virus dengan mengkombinasikan derajat keyakinan siswa dalam menjawab soal, alasan jawaban siswa serta sumber jawaban siswa. Uji coba tes dilakukan pada dua kelas siswa SMAN 16 Surabaya kelas X sebanyak 36 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami miskonsepsi sebesar 19,55% yang termasuk kategori rendah dengan miskonsepsi tertinggi pada indikator klasifikasi virus DNA dan RNA sebesar 51,38% sedangkan persentase miskonsepsi terendah pada indikator menentukan jenis virus yang menginfeksi bakteri sebesar 5,56%. Miskonsepsi disebabkan oleh faktor guru (27,21%), buku (22,45%), siswa (22,93%), teman (14,57%), dan internet (12,71%).
Kata kunci : Miskonsepsi, virus, Certainty of Response Index, Three-tier test.
Abstract
Misconception are the different concepts that students have with the expert agreed. Misconceptions occur in various fields including in the virus topic. Misconception can be corrected if it can be identified first using a misconception test instrument. The purpose of this research was to describe the misconseption of students, percentage of misconception and causing misconception grade X high school that identified on virus concept using Certainty of Response Index. This research is an evaluative descriptive research that develop of students misconception test instrument using a combination of Certainty of Response Index and Three-tier test about virus topic by combining students confident degree in answering question, the reasons of students answer, and the source of their answer. The test was tested in two class as many as 36 students. The result of the research showed that student experience misconception of 19,55% which include low category with the highest percentage of misconception on topics about classification of DNA virus and RNA virus was 51,38% while the lowest misconception percentage on topics about determining the virus that infects bacteria was 5,56%. Misconception are caused by teachers factors (27,21%), books (22,45%), students (22,93%), friends (14,57%), and the internets (12,71%).
Keywords: misconceptions, virus, certainty of response index, three-tier test.