Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan strategi pengelolaan diri yang dilakukan dalam bentuk konseling kelompok untuk meningkatkan disiplin belajar peserta didik. Subjek penelitian adalah lima peserta didik Sekolah Menengah Atas (SMA) yang dipilih dengan cara purposive sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan inventori disiplin belajar yang dikembangkan secara khusus dalam penelitian ini dan telah divalidasi dengan koefisiensi realiabilitas alfa cronbach sebesar 0,910. Data penelitian di analisis secara statistik non parametrik dengan menggunakan rumus uji tanda. Hasil analisis membuktikan bahwa strategi pengelolaan diri yang dilakukan dalam bentuk konseling kelompok efektif untuk meningkatkan disiplin belajar peserta didik pada taraf signifikansi ρ = 0,031 dan α = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian ini, direkomendasikan bahwa konselor sekolah dapat menggunakan strategi pengelolaan diri yang dilakukan dalam bentuk konseling kelompok untuk menangani disiplin belajar. Disamping itu hasil penelitian ini masih mungkin untuk diuji kembali melalui penelitian lanjutan dengan menggunakan eksperimen yang lebih teliti pada kelompok sampel yang berbeda.
Kata Kunci : strategi pengelolaan diri, konseling kelompok, disiplin belaja, peserta didik
This study aims to determine the effectiveness of self-management strategies carried out in the form of group counseling to improve student’s learning discipline. Subjects of the student were five senior high school (SMA) students who showed low learning discipline scores. The data was collected using inventory of learning discipline which was developed specifically this study and has been validated with the cronbach’s alpha reliability coefficient of 0.910. The data were analyzed statistically by non parametric wield the sign test formula. The results of the analysis prove that self-management strategies carried out in the form of effective group counseling to improve student learning discipline at a significance level ρ = 0.031 and α = 0.05. Based on the results of this study, it is recommended to school counselors can use self-management strategies that are carried out in the form of group counseling to handle learning discipline. Besides, the research is still likely to be re-examined through further research using more rigorous experimental different group sampel.
Keyword: self-management strategies, group counseling, learn discipline, learners