Pengembangan E-book Interaktif untuk Mengurangi Miskonsepsi pada Materi Transpor Membran
Development of An Interactive E-book to Reduce Misconceptions of Membrane Transport
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan e-book interaktif untuk mengurangi miskonsepsi pada materi transpor membran yang valid secara teoritis dan validitas empiris. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan research and development dengan menggunakan desain penelitian model 4D yaitu define, design, develop, disseminate. E-book interaktif untuk mengurangi miskonsepsi menggunakan langkah pembelajaran klinis 5e-learning cycle, yakni engagement, exploration, explanation, elaboration dan evaluation dengan komponen buku berupa gambar, video, hyperlink, dan QR-code sehingga dapat mengurangi miskonsepsi siswa pada materi transpor membran. Hasil penelitian berupa e-book yang memenuhi kriteria: 1) validitas teoritis berdasarkan syarat teknis dengan skor sebesar 96,5%, syarat konstruksi (97,9%) dan syarat didaktik dengan skor sebesar 100% sebagai e-book yang bersifat interaktif; serta 2) validitas empiris, yaitu dapat mengurangi miskonsepsi materi transpor membran dari tingkat miskonsepsi 54,20% menjadi 2,85%. Dapat disimpulkan bahwa e-book interaktif pada materi transpor membran valid secara teoritis dan empiris.
Kata Kunci : E-book Interaktif, Miskonsepsi, 5-learning cycle, Transpor Membran.
The study aim to develop an interactive e-book to reduce misconceptions about membrane transport material that has theoretical validity and empirical validity. This research approach uses a research and development approach using a 4D model research design, define, design, develop, disseminate. Interactive e-books to reduce misconceptions use the 5 e-learning cycle clinical learning steps, namely engagement, exploration, explanation, elaboration and evaluation with book components in the form of images, videos, hyperlinks and QR-codes so that it can reduce students' misconceptions about membrane transport material. The research results are in the form of an e-book that meets the following criteria: 1) theoretical validity based on technical requirements (validity value), construction requirements (validity value) and didactic requirements (validity value) as an interactive ebook; and 2) empirical validity, namely being able to reduce misconceptions about membrane transport materials from a misconception level of 54.20% to 2.85%. It can be concluded that the interactive e-book on membrane transport material is theoretically and empirically valid.Keywords: Interactive E-book, Misconceptions, 5e-learning Cycle, Membrane Transport.