ABSTRAK
PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERORIENTASI STRATEGI KNOW-WANT-LEARNED (KWL) UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF PADA MATERI FOTOSINTESIS
Nama : Nasrotul Akhadah
NIM : 15030204044
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Jurusan : Biologi
Fakultas : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Yuliani, M.Si.
Keterampilan metakognitif merupakan salah satu keterampilan yang dipilih dalam kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk meghasilkan LKPD berorientasi strategi KWL (Know-Want-Learned ) untuk melatihkan keterampilan metakognitif pada materi fotosintesis yang layak berdasarkan validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Model pengembangan yang dilakukan mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate ). Penelitian dilakukan dengan tahapan mulai dari analisis kurikulum, analisis siswa, dan analisis konsep, dilanjutkan dengan tahap perancangan dan pengembangan LKPD di Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Surabaya. LKPD yang telah dikembangkan dan valid berdasarkan hasil validitas kemudian diujicobakan pada 16 siswa kelas XII MIPA SMAN 1 Puri Mojokerto tahun pelajaran 2018/2019. Pada tahap akhir dilakukan analisis dan evaluasi LKPD berdasarkan data validitas, kepraktisan, dan keefektifan yang didapatkan. Penelitian menunjukkan hasil validasi oleh validator pada LKPD dan soal pretest-posttest yang dikembangkan mendapatkan nilai validitas secara berurutan sebesar 93,9 dan 97,92 dengan kategori sangat valid. LKPD yang dikembangkan dinyatakan sangat praktis berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan LKPD dengan skor keterlaksanaan 100%. LKPD yang dikembangkan dinyatakan efektif berdasarkan hasil angket respon siswa dengan skor rata-rata sebesar 85%, hasil ketuntasan indikator sebesar 39%, N-Gain sebesar 0,25 atau kategori rendah, dan skor rata-rata keterampilan metakognitif sebesar 3,375 dengan kategori sangat baik. Secara keseluruhan, LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Kata kunci : LKPD, Know-Want-Learned , Metakognitif, Fotosintesis