Analisis Variasi Bentuk Kampuh Pengelasan SMAW Terhadap Nilai Tarik, Kekerasan,dan Struktur Mikro Baja ST 37
Analysis of Welding Convexity Shape Variations in SMAW on Tensile Strength, Hardness, and Microstructure of ST 37 Steel
Chasis merupakan bagian dari kendaraan yang berfungsi sebagai penopang body dan terdiri dari rangka, mesin, pemindah tenaga, roda-roda, steering sistem sistem kemudi, sistem suspensi, sistem rem. Namun kebanyakan chasis memiliki gangguan seperti rangka mengalami keretakan, perubahan bentuk dan ukuran yang disebabkan oleh karat. Chasis pun dapat mengalami kebengkokan dan patah akibat hasil pengelasan yang buruk dan material yang tidak cocok untuk beban diterima. Untuk itu, diperlukan pengelasan yang tepat dan pemilihan bahan yang baik untuk mengembalikan sifat mekanis agar dapat digunakan dengan aman. Penelitian ini memiliki tujuan menganalisis variasi bentuk kampuh dengan menggunakan pengelasan SMAW dengan menguji kekuatan tarik, kekerasan, dan struktur mikro pada baja St 37.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan mevariasikan bentuk kampuh setelah proses pengelasan SMAW pada material baja St 37, selanjutnya masing-masing variabel diuji tarik, uji kekerasan, dan uji foto mikro. Spesimen yang sudah diuji tarik, uji kekerasan, dan uji foto mikro kemudian dianalisa pengaruh dari varibel bebas terhadap variabel terikat. Variabel bebas meliputi kampuh V,Double V, U.
Berdasarkan Hasil Penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada variasi kampuh terhadap hasil hasil pengelasan pada pengujian tarik, kekerasan, dan strukur mikro. Bentuk kampuh Double V memiliki nilai tertinggi untuk kekuatan tarik dengan sebesar 567,9 N/mm2 dan kampuh V memiliki nilai terendah untuk kekuatan tarik sebesar 470,16 N/mm2. Lalu kampuh Double V juga memiliki nilai kekerasan tertinggi sebesar 96,4 HRB di daerah HAZ ,84,4 HRB di daerah weld metal dan 76,4 HRB di daerah Base metal sedangkan nilai kekerasan terendah didapatkan kampuh V dengan nilai 90,2 HRB didaerah HAZ 82,4 HRB di daerah weld metal dan 71,4 HRB di daerah Base metal. Dan ketiga kampuh memiliki hasil pengamatan struktur mikro yaitu ferrite dan perlite. Namun yang membedakan adalah pada daerah HAZ didominasi perlite yang menjadikan bersifat keras dan sedikit getas dan di daerah weld metal didominasi ferrite yang menjadikan bersifat lunak dan ulet.
Kata Kunci : Baja St 37, Chasis, Variasi bentuk kampuh, Uji Tarik, Kekerasan, dan Struktur Mikro
The chassis is a crucial component of a vehicle, serving as the support for the body and consisting of the frame, engine, power transfer, wheels, steering system, suspension system, and brake system. However, many chassis experience issues such as frame cracking, changes in shape and size caused by rust. Chassis can also bend and break due to poor welding and the use of inappropriate materials for the applied load. Therefore, precise welding and the selection of suitable materials are essential to restore mechanical properties for safe usage. This research aims to analyze variations in convexity shapes using SMAW welding by testing tensile strength, hardness, and microstructure on St 37 steel.
This study employs an experimental method by varying convexity shapes after the SMAW welding process on St 37 steel. Subsequently, each variable is subjected to tensile testing, hardness testing, and microphoto examination. The specimens, having undergone tensile, hardness, and microphoto tests, are then analyzed for the influence of independent variables on dependent variables. Independent variables include V-shaped convexity, Double V-shaped convexity, and U-shaped convexity
Based on the research results, it can be concluded that there is an influence of convexity variations on the welding results in tensile strength, hardness, and microstructure tests. The Double V-convexity has the highest tensile strength value at 567.9 N/mm2, while the V-convexity has the lowest tensile strength value at 470.16 N/mm2. Furthermore, the Double V-convexity also has the highest hardness values at 96.4 HRB in the Heat-Affected Zone (HAZ), 84.4 HRB in the weld metal area, and 76.4 HRB in the Base metal area. In contrast, the V-convexity has the lowest hardness values at 90.2 HRB in the HAZ, 82.4 HRB in the weld metal area, and 71.4 HRB in the Base metal area. All three convexities exhibit microstructure observations of ferrite and pearlite. However, the difference lies in the HAZ area dominated by pearlite, making it harder and less ductile, while the weld metal area is dominated by ferrite, making it softer and more ductile.
Keywords: St 37 Steel, Chassis, Convexity Shape Variations, Tensile Testing, Hardness, and Microstructure