PEMBELIAN IMPULSIF PADA MARKETPLACE : PENGARUH PERSONALITY, PRICE DISCOUNT, DAN MEDIA SOSIAL
Impulse Buying On Marketplace: Influence of Personality, Price Discount, and Social Media
Kemajuan teknologi informasi telah menjadi penyebab terjadinya inovasi-inovasi dalam perekonomian, terutama dalam melakukan jual beli produk dan jasa baik secara konvensional maupun online. Pembelian yang dilakukan secara online mengubah pembelian dari melakukan pembelian yang dilakukan secara langsung menjadi pembelian secara online. Aplikasi marketplace yang dirancang sebagai tempat untuk menjual dan membeli barang atau jasa secara online yang banyak mendorong konsumen untuk melakukan pembelian yang tidak direncanakan sebelumnya. Dalam penelitian ini menguji personality, price discount, dan media sosial terhadap pembelian impulsif. Penelitian ini berfokus pada konsumen marketplace Shopee dengan rentang usia 18 tahun ke atas menggunakan sampel sebesar 170 dengan teknik non probability sampling. Angket disebar melalui media sosial. Teknik analisis data menggunakan metode regresi linear berganda. Pada hasil penelitian ini menunjukkan bahwa personality, price discount, dan media sosial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pembelian impulsif pada marketplace Shopee. Hal ini menunjukan bahwa personality, price discount dan media sosial dapat mempengaruhi pembelian impulsif pada marketplace
Advances in information technology have become the cause of innovations in the economy, especially in buying and selling products and services both conventionally and online. Purchases made online change purchases from making purchases made in person to buying online. A marketplace application is designed as a place to sell and buy goods or services online, which encourages consumers to make purchases that were not previously planned. In this study, we examine personality, price discounts, and social media on impulse buying. This study focuses on Shopee Marketplace consumers with an age range of 18 years and overusing a sample of 170 with a non-probability sampling technique. Questionnaires were distributed through social media. The data analysis technique used the multiple linear regression method. The results of this study indicate that personality, price discounts, and social media have a significant influence on impulse buying in the Shopee marketplace. This shows that personality, price discounts, and social media can influence impulse buying on the marketplace.
Keywords: Personality; Price Discounts; Social Media; Impulse Buying