Kelayakan LKPD “LUMUT” Berbasis Discovery Learning Untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains
Feasibility Of LKPD “Lumut” Based Discovery Learning Workshop To Train Science Literation Skills
Topik lumut merupakan satu dari beberapa materi yang menuntut kompetensi mengelompokkan, mengamati, menganalisis, menjelaskan dan menyimpulkan, dan melalui aktivitas penemuan sendiri maka peserta didik bisa lebih mudah memahami konsep materi. Hal ini didukung dengan adanya penggunaan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis discovery learning yang bisa membimbing peserta didik dalam menguasai materi yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD “Lumut” berbasis discovery learning untuk melatihkan keterampilan literasi sains peserta didik yang dinyatakan layak secara teoretis. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan dengan model 4-D dengan tahapan Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Tahap disseminate pada penelitian ini tidak dilaksanakan. Tahap pengembangan dilakukan di jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Surabaya. Uji kelayakan teoretis dilakukan pada tahap pengembangan berdasarkan penilaian pakar pendidikan dan pakar botani. Intrumen penelitian berupa lembar validitas yang berisi 44 pertanyaan yang tekait aspek konstruksi, teknis, dan dikdaktik. LKPD dinyatakan layak secara teoretis jika penilaian validasi pakar mendapat persentase rata-rata ≥ 71%. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa validitas LKPD mendapat nilai 97,93% dengan kriteria sangat valid. Dengan demikian LKPD “Lumut” berbasis discovery learning untuk melatihkan keterampilan literasi sains dinyatakan layak secara teoretis dengan kriteria sangat valid.
The topic of moss represents one of several materials that require competence in the grouping, observing, analyzing, explaining and concluding, and through the discovery activity it self students can more easily understand the consept of material if done based on their discovery activities. This can be supported by using Student Activity Sheet (LKPD) based on discovery learning that can guide students in understanding the material being studied. This study aims to produce LKPD “Lumut” base on discovery learning to practice students’ scientific literacy skill that ate otherwise theoretically feasible. This Research includes development research with 4-D models with stages of Define, Design, Develop, and Disseminate. The disseminating phase is not implemented. Development activities carried out in the Departement of Biologi FMIPA Surabaya State University. The theoretical feasibility tes is carried out at the development stage based on the assesment of educational experts and botanists. The research instrument was in the form of validity sheet containing 44 questions relating to contruction, technical, and didactic aspects. The Student Activity Sheet (LKPD) is declared theoretically feasible if the expert validation assessment gets an average percentage ≥ of 71%. Data were analyzed descriptively quantitatively. The results revealed that the LKPD validity was 97,93% with a very valid criteria. Thus the LKPD “Lumut” based on discovery learning to practice the science literacy skills is theoretically feasible with a very valid category.