ABSTRAK
Tohari , Hamim .
2018. Penggunaan Youtube
sebagai Sumber Belajar by Utilization dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Perancangan
Basisdata untuk Materi Structure Query Language (SQL) .
Tesis, Program Studi Teknologi Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Negeri
Surabaya. Pembimbing: (I) Mustaji , (II) Bachtiar
S Bachri .
Kata-kata Kunci : Youtube , sumber belajar, motivasi belajar, hasil belajar
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan motivasi belajar mahasiswa yang
menggunakan Youtube
sebagai sumber belajar by utilization , mengetahui pengaruh penggunaan Youtube sebagai sumber
belajar by
utilization terhadap hasil belajar, dan mengetahui pengaruh motivasi
belajar mahasiswa yang menggunakan Youtube
sebagai sumber belajar by utilization terhadap hasil belajar. M etode yang
digunakan adalah metode kuantitatif. Digunakan kelas kontrol dengan 30
responden dan kelas eksperimen dengan 30 responden, proses pembelajaran mata
kuliah perancangan basisdata pada kelas kontrol tidak menggunakan Youtube sebagai sumber belajar by utilization , sedangkan kelas
eksperiman menggunakan Youtube
sebagai sumber belajar by utilization .
H asil angket motivasi belajar yang diberikan kepada responden diketahui jumlah nilai p er sentase yang didapatkan adalah 84,96 % , dimana nilai tersebut menunjukkan bahwa
motivasi belajar mahasiswa dalam kategori sangat baik. H asil
dari penghitungan dengan uji sign test
diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 atau signifikansi < 0,05 (0,000 <
0,05) , dimana nilai tersebut menunjukkan adanya
perbedaan hasil belajar antara kelas
kontrol dan
kelas eksperimen. Hasil uji Regresi
Linier diperoleh nilai sig 0,000 <
0,05 menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dengan
hasil belajar mahasiswa.
ABSTRA C K
Tohari , Hamim .
2018. The Use of Youtube as a
Learning Resource by Utilization and
Motivation towards Learning Outcomes
for Database Design on Structure Query
Language (SQL) Material . T h esis,
Department of Educational Technology, Postgraduate, Universitas Negeri Surabaya. Supervisor : (I)
Mustaji , (II) Bachtiar S Bachri .
Keyword : Youtube ,
learning resources, motivation , learning outcomes .
This research aims to describe the learning motivation of students who use Youtube as a
learning resource by utilization, knowing the effect of using Youtube as a
learning resource by utilization towards learning outcomes, and knowing the effect of student
learning motivation using Youtube as a learning resource by utilization towards learning outcomes. The method used is quantitative
methods. The control class was used with 30 respondents and the experimental
class with 30 respondents. The learning process of the database design courses
in the control class did not use Youtube as a learning resource by utilization,
while the experimental class used Youtube as a learning resource by
utilization. The results of the learning motivation questionnaire given to
respondents are known to be 84.96% of the percentage value obtained, where the
value shows that the student learning motivation is in the very good category.
The results of the calculation by the sign test obtained a significance value
of 0.000 or significance <0.05 (0.000 <0.05), where the value shows the
difference in learning outcomes between the control class and the experimental
class. Linear Regression test results obtained sig value 0,000 <0,05
indicates a significant influence between learning motivation and student
learning outcomes.