ABSTRAK
Triswahyono, Sugeng. 2019. Pengembangan Perangkat
Pembelajaran Model Problem Based Learning
Berbantuan Media Video Subtema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku Untuk
Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis,
Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.
Pembimbing: (1) Prof. Dr. Wahyu Sukartiningsih, M.Pd dan (2) Dr. Harmanto, M.Pd.
Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Model Problem Based Learning, Keterampilan Berpikir Kritis
Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan perangkat pembelajaran model Problem
Based Learning berbantuan media video untuk meningkatkan kemampuan berpikir
kritis siswa kelas IV sekolah dasar.
Penelitian pengembangan ini
dilaksanakan dalam empat tahap mengikuti rancangan 4-D model Thiagarajan, yaitu
pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Pengembangan yang
dilakukan dalam penelitian ini meliputi Silabus, Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar Siswa (BAS), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD),
Media Video dan Tes Keterampilan Berpikir Kritis (TKBK). Jenis penelitian ini
adalah R&D dengan rancangan control
group design pretest-posttest. Subjek pada penelitian ini adalah siswa
kelas IV A dan IV B tahun pelajaran 2018/2019. Pengumpulan data penelitian ini
diperoleh melalui kegiatan observasi, tes dan angket. Data hasil validasi perangkat
dari validator menyatakan bahwa perangkat yang dikembangkan dalam penelitian
ini sudah valid. Kepraktisan perangkat pembelajaran ditinjau dari
keterlaksanaan pembelajaran sebesar 93,75 berkategori sangat baik, aktivitas
siswa dalam pembelajaran menunjukkan angka 87%. Keefektifan perangkat
pembelajaran apabila dilihat dari respon siswa sebesar 85,7% siswa sangat
tertarik, hasil tes keterampilan berpikir kritis siswa dengan perbedaan nilai pretest-posttest kelas kontrol sebesar
0,23 dan kelas eksperimen berdasarkan analisis N-gain sebesar 0,70 dengan
ketegori tinggi.
Dengan demikian pengembangan
perangkat pembelajaran IPS model Problem
Based Learning berbantuan media video sub tema indahnya keragaman budaya
negeriku untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV Sekolah
Dasar telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.