Pandemi Covid-19 membuat pada pola hidup masyarakat yang cenderung menghindari keramaian seperti pusat perbelanjaan (mall). Salah satu mall yang terdampak adalah Pakuwon Mall Surabaya. Salah satu upaya Pakuwon Mall Surabaya dalam menghadapi hal tersebut yaitu dengan melakukan digital marketing melalui program Personal Shopper yang bernama Pamela. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu mengetahui dan mengidentifikasi efektivitas program Personal Shopper Pamela tersebut sebagai media digital marketing di Pakuwon Mall Surabaya pada era pandemi Covid-19. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan yaitu pengunjung Pakuwon Mall yang mengetahui program Personal Shopper Pamela, baik yang pernah menggunakan maupun yang belum pernah menggunakan berjumlah 100 konsumen. Hasil penelitian berdasarkan konsep AIDA, Pamela memperoleh nilai mean dari dimensi attention sebesar 4,33 berada dalam kategori sangat efektif, dimensi interest memperoleh mean sebesar 4,21 berada dalam kategori sangat efektif, dimensi desire memperoleh nilai mean sebesar 4,13 berada dalam kategori efektif dan dimensi action memperoleh mean sebesar 3,88 berada dalam kategori efektif. Secara keseluruhan memperoleh mean sebesar 4,14 dan berada pada kategori efektif. Keefektifan Personal Shopper Pamela dalam melakukan penjualan sebesar 77,7%. Hasil pengujian hipotesis menggunakan one sample t test menunjukkan bahwa digital marketing yang dimiliki Pakuwon Mall Surabaya yaitu melalui Pamela secara signifikan efektif dalam melakukan penjualan.
Kata Kunci: Efektivitas, Digital Marketing, Peningkatan Penjualan
The Covid-19 Pandemic has made people's lifestyles tend to avoid crowds such as shopping centers (malls). One of the malls affected is Pakuwon Mall Surabaya. One of Pakuwon Mall Surabaya's efforts in dealing with this is by doing digital marketing through a Personal Shopper program called Pamela. The purpose of this research is to find out and identify the effectiveness of Pamela's Personal Shopper program as a digital marketing media at Pakuwon Mall Surabaya during the Covid-19 pandemic era. This research method uses quantitative research. The sample used is Pakuwon Mall visitors who know about the Pamela Personal Shopper program, both those who have used it and those who have never used it, totaling 100 consumers. The results of the study based on the AIDA concept, Pamela obtained a mean value of the attention dimension of 4.33 which was in the very effective category, the interest dimension obtained a mean of 4.21 was in the very effective category, the desire dimension obtained a mean value of 4.13 was in the effective category. and the action dimension has a mean of 3.88 which is in the effective category. Overall obtaining a mean of 4.14 and is in the effective category. The effectiveness of Pamela's Personal Shopper in making sales is 77.7%. The results of hypothesis testing using one sample t test show that digital marketing owned by Pakuwon Mall Surabaya, namely through Pamela, is significantly effective in making sales.
Keywords: Effectiveness, Digital Marketing, Increased Sales