PERANCANGAN MEDIA PROMOSI INSTAGRAM Sebagai upaya MENINGKATKAN PENJUALAN KERIPIK pisangon
INSTAGRAM PROMOTIONAL MEDIA DESIGN AS AN EFFORT TO INCREASE SALES OF PISANGON CHIPS
Pisangon yang merupakan brand baru yang masih belum dikenal oleh masyarakat luas sehingga dibutuhkannya media promosi sebagai sarana untuk memperkenalkan produk pisangon. Pisangon selama ini memasarkan produknya dengan membuka stand di event-event tertentu seperti bazzar , sehingga belum memanfaatkan strategi pemasaran melalui digital untuk memberikan informasi kalau Pisangon sedang berada di event tersebut. Strategi pemasaran dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang secara finansial lebih efisien dan praktis, salah satu caranya adalah dengan mengunakan media sosial.
Dalam proses perancangan media promosi pisangon, metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuantitatif pendekatan dalam penelitian yang berfokus pada pengumpulan dan analisis data berdasarkan angka dan ukuran numerik. Dalam metode ini, menggunakan instrumen seperti kuesioner, survei, atau pengamatan terstruktur untuk mengumpulkan data yang dapat diukur secara kuantitatif untuk mengetahui kecenderungan responden saat disajikan suatu objek. Metode analisis yang digunakan adalah analisis SWOT dan USP
Di mana dalam perancangannya akan menghasilkan desain Instagram post, desain story Instagram, video Instagram, highlight story Instagram yang akan dijadikan sebagai media promosi Instagram Pisangon guna meningkatkan penjualan dan menarik audiens.
Selain feeds Instagram sebagai media promosi digital ada juga penerapan ke media promosi offline sebagai media pendukung, diantaranya adalah media X-Banner, Poster,wobbler, dan merchandise berupa stiker dan gantungan kunci.
Kata Kunci :
Media Promosi, Instagram, Keripik pisang, Media Sosial
Pisangon is a new brand that is still not known to the wider public, so promotional media is needed as a means to introduce banana products. So far, Pisangon markets its products by opening stands at certain events such as bazaars, so it has not utilized digital marketing strategies to provide information that Pisangon is present at these events. Marketing strategies that utilize advances in information technology are financially more efficient and practical, one way is by using social media.
In the process of designing Pisangon promotional media, the data collection method used is a quantitative research approach which focuses on collecting and analyzing data based on numbers and numerical measurements. In this method, instruments such as questionnaires, surveys or structured observations are used to collect data that can be measured quantitatively to determine respondents' tendencies when faced with an object. The analysis method used is SWOT and USP analysis
Where from this design will produce Instagram post designs, Instagram story designs, Instagram videos, Instagram story highlights which will be used as promotional media for Instagram bananas to increase sales and attract audiences.
Apart from Instagram feed as a digital promotional media, there are also offline promotional media applications as supporting media, including X-Banner media, posters, woobler, as well as merchandise in the form of stickers and key chains.
Key Words :
Promotion Media, Instagram, Banana Chips, Social Media