PENGEMBANGAN E-LEARNING PEMROGRAMAN DASAR SCRATCH UNTUK KELAS XI DI SMKN 3 KEDIRI
DEVELOPMENT OF SCRATCH BASIC PROGRAMMING E-LEARNING AT SMKN 3 KEDIRI
CODESAVVY merupakan media pembelajaran inovatif yang berbasis website untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran pemrograman dasar Scratch di kelas XI SMKN 3 Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Learning sebagai solusi inovatif dalam meningkatkan pemahaman dan pengalaman belajar peserta didik yang layak dan efektif pada materi pemrograman dasar menggunakan scratch. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi angket, dan tes untuk mengevaluasi efektivitas E-Learning CODESAVVY. Subjek penelitian meliputi validator ahli media, validator ahli materi pemrograman dasar, dan 34 siswa kelas XI SMKN 3 Kediri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Learning CODESAVVY terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman dan pengalaman belajar peserta didik dari hasil validasi para ahli media 100%, ahli desain pembelajaran 100% dan juga dari hasil uji coba kelompok kecil dan besar mendapatkan hasil masing masing 100% dan 99.06%. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa e-learning CODESAVVY merupakan media pembelajaran inovatif yang layak dan efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pemrograman dasar di SMKN 3 Kediri.
Kata Kunci: CODESAVVY, E-Learning, Pemrograman Dasar, Scratch, Media Pembelajaran
CODESAVVY is an innovative website-based learning media to improve the effectiveness of Scratch basic programming learning in class XI SMKN 3 Kediri. This research aims to develop E-Learning as an innovative solution in improving students' understanding and learning experience that is feasible and effective on basic programming material using Scratch. This research uses ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The research instruments used were questionnaire validation sheet, and test to evaluate the effectiveness of CODESAVVY E-Learning. The research subjects included media expert validators, basic programming material expert validators, and 34 students of class XI SMKN 3 Kediri. The results showed that E-Learning CODESAVVY was proven effective in improving students' understanding and learning experience from the validation results of media experts 100%, learning design experts 100% and also from the results of small and large group trials getting 100% and 99.06% respectively. Overall, it can be concluded that CODESAVVY e-learning is an innovative learning media that is feasible and effective to improve the quality of basic programming learning at SMKN 3 Kediri.
Keywords: CODESAVVY, E-Learning, Basic Programming, Scratch, learning media