Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan Aplikasi Electronic Portfolio yang digunakan untuk melakukan manajemen karya berbasis web. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Melakukan desain pengembangan sistem manajemen karya mahasiswa berbasis web. (2) Mengetahui hasil respon user terhadap sistem manajemen galeri karya mahasiswa berbasis web.
Metode penelitian yang digunakan adalah 4-D (Four D Model). Peneliti mengikuti langkah pada model 4-D dengan 4 tahapan. Sasaran penelitian pada penelitian ini adalah mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir atau karya tugas mata kuliah yang ditempuh selama perkuliahan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Produk Aplikasi Galeri Karya Mahasiswa yang dikembangkan mendapat nilai 3,99 dari rentang skor penilaian oleh para koresponden. Nilai tersebut termasuk dalam kategori layak dengan rentang skor 3.4 s/d 4.2. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa aplikasi galeri karya mahasiswa ini mendapatkan rekomendasi yang baik dari para koresponden.
Kata Kunci : E-Portfolio, Galeri Karya Mahasiswa.
The research was conducted to develop electronic portfolio application management used to perform web-based work. This research aims are (1) Composing the development design of students’ work management system based on web. (2) Analyzing users’ response on students’ work management system based on web.
The methodology used is 4-D ( Four-D ) model. The researcher follows the 4-D model which has 4 steps. The target of the research is all of the students who are still working on their final project or thesis on each lessons which were taken along their college year.
The results show that: ( 1 ) product of students’ work application which developed get 3,99 on its score from all correspondents. The scores are considered appropriate with 3.4 until 4.2 range. From those result, can be concluded that student’s work gallery application is recommended as a good application from all correspondent. application gallery work student who developed a range of receiving a grade 3,99 assessment by the correspondent.
Keywords: Electronic Portfolio, The gallery work of students.