Penelitian ini bertujuan untuk melatihkan keterampilan komunikasi siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest posttest design dengan sasaran penelitian ini adalah siswa SMA kelas XI MIA 1 MA Negeri 2 Gresik selama tiga kali pertemuan. Hasil yang telah diperoleh dianalisis menggunakan metode analisis kuantitatif dan didapatkan hasil bahwa (1) Keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together yang dilakukan pada pertemuan 1, dan 2 mencapai skor rata-rata 75% dengan kriteria baik, kemudian mengalami peningkatan pada pertemuan 3 yakni 91,1% dengan kriteria sangat baik. Data pendukung keterlaksanaan yakni aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan model kooperatif tipe Number Head Together mecapai rata-rata 94,13%. (2) Kuantitas komunikasi berupa keterampilan berpendapat siswa secara berturut-turut mengalami peningkatan pada pertemuan 1, 2, dan 3 dengan persentase sebesar 52%, 68% dengan kategori baik, dan 80% dengan kategori sangat baik. Kuantitas bertanya siswa mengalami penurunan pada pertemuan kedua. Persentase kuantitas bertanya berturut-turut selama tiga kali pertemuan adalah 40%, 32%, dan 60%. Kualitas berpendapat siswa mengalami peningkatan setiap pertemuannya, sedangkan pada kualitas komunikasi bertanya siswa mengalami penurunan pada pertemuan dua dan meningkat kembali pada pertemuan ketiga. (3) Hasil belajar siswa memperoleh skor rata-rata sebesar 80,57. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa mencapai 84%. Hal ini dapat diartikan siswa memiliki hasil belajar yang tuntas setelah menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together. (4) Respon siswa yang menjawab positif terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together untuk melatihkan keterampilan komunikasi memperoleh rata-rata persentase sebesar lebih dari 61% dengan kriteria baik.
Kata Kunci : Kooperatif Number Head Together, Keterampilan komunikasi, Asam dan basa.
This study aims to train students' communication skills using cooperative learning model Number Head Together type. The method used in this study is one group pretest posttest design with the aim of this research is high school students of class XI MIA 1 MA 2 Gresik for three meetings. The results obtained were analyzed using quantitative analysis methods and it can be concluded that (1) The implementation of cooperative learning model Number Head Together type conducted at meetings 1 and 2 reached an average percentage of 75% with good criteria, then increased at meeting 3 reach 91,1% with very good criteria. Data supporting the implementation of the activities of students during the learning process with a cooperative learning model Number Head Together type reach an average percentage of 94,13%. (2) The quantity of communication in the form of students' opinion skills successively increased at meetings 1, 2 and 3 reach an average percentage of 52%, 68% with good criteria, and 80% with very god criteria. Whereas the quantity of communication asked students decreased in the second meeting. The percentage of the quantity of questions asked in a row during the three meetings was 40%, 32%, and 60%. The quality of communication argues that students experience an increase in each meeting, while the quality of communication inquires students have decreased in meeting two and increased again in the third meeting. (3) Student learning outcomes obtain an average percentage of 80,57%. While classical completeness student learning outcomes reached 84%. This can mean that students have completed learning outcomes after using cooperative learning model Number Head Together type. (4) Student responses that responded positively to the application of cooperative learning model Number Head Together type to practice communication skills obtained an average percentage of more than 61% with good criteria.
Keywords: Cooperative Number Head Together, Communication Skills, Basic Acid.