Kamaliah, Dina. 2020. Dinamika Pusat Studi Dan Layanan Disabilitas Universitas Negeri Surabaya. Tesis, Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Siti Masitoh, M.Pd, dan (II) Dr. Ari Wahyudi, M.Si.
Kata-kata Kunci: Dinamika, pusat studi dan layanan disabilitas.
Universitas negeri surabaya memiliki 32 mahasiswa berkebutuhan khusus yang tersebar pada setiap fakultas. Dengan kondisi itu, maka perlulah dibuatkan sebuah wadah yang berguna untuk menyalurkan perkembangan studi dan karir bagi mereka. Oleh karena itu berdirilah sebuah lembaga yang didirikan atas inisiasi dari salah satu pimpinan fakultas ilmu pendidikan di, dimana lembaga ini diberi nama dengan Pusat Studi dan Layanan Disabilitas Universitas Negeri Surabaya (PSLD Unesa). Di tanggal 12 Desember 2013 PSLD ini diresmikan, namun peresmian itu tidak dibarengi dengan pemberian surat keputusan rektor. Hasil observasi menunjukkan terjadinya pergerakan atau dinamika dalam pusat studi ini di setiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengemukakan proses pendirian serta dinamika yang terjadi di dalam Pusat Studi dan Layanan Disabilitas Universitas Negeri Surabaya (PSLD Unesa) di awal berdiri hingga sekarang.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Subjek dalam penelitian ini berjumlah sembilan orang yang terdiri atas dua orang kepala pusat studi, seorang sekretaris, seorang koordinator unit layanan pusat studi pendidikan khusus, seorang koordinator unit layanan mahasiswa berkebutuhan khusus, dua orang koordinator unit layanan anak berkebutuhan khusus, serta dua orang koordinator relawan atau pendamping mahasiswa berkebutuhan khusus. Analisis data penelitian melalui tahapan reduksi data, model data, dan penarikan kesimpulan. Uji kesahihan instrumen data dilakukan dengan triangulasi data. Triangulasi data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu.
Temuan penelitian dinamika pusat studi dan layanan disabilitas universitas negeri surabaya meliputi: (1) pusat studi dan layanan disabilitas universitas negeri surabaya berdiri dan diresmikan di tanggal 12 Desember 2013, namun pusat studi ini baru memiliki SK Rektor 1058/UN38/HK/KP/2017 di tahun 2017, (2) adanya dinamika yang terjadi dalam pusat studi dan layanan disabilitas universitas pada aspek komunikasi kelompok, konflik di dalam kelompok, kekuatan di dalam kelompok, serta kohesi kelompok. Adanya SK Rektor pada pusat studi ini tentulah dibarengi dengan adanya kejelasan pada struktur organisasinya, namun kejelasan pada struktur organisasi tersebut tidaklah dibarengi dengan kejelasan pada setiap formasi disetiap bagian pengelolaan. Oleh karena itu, disarankan kepada pengelola PSLD Unesa untuk berkoordinasi dengan pejabat terkait selingkung Unesa agar formasi setiap bagian pengelolaan segera di SK kan penanggungjawabnya.
Kamaliah, Dina. 2020. The Dynamics of the Center for Study and Disability Services at University of Surabaya. Thesis, Special Education Study Program, Postgraduate, Surabaya State University. Supervisor: (1) Prof. Dr. Siti Masitoh, M.Pd, and (II) Dr. Ari Wahyudi, M.Sc.
Key Words: Dynamics, study centers and disability services.
Surabaya State University has 32 students with special needs scattered in each faculty. With these conditions, it is necessary to make a container that is useful for channeling studio and career development for them. Therefore, an institution was established at the initiative of one of the leaders of an educational institution at the same time, while the institution was named the Center for Disability Study and Services at the Surabaya State University (PSLD Unesa). On December 12, 2013 the PSLD was inaugurated, but the inauguration was not accompanied by the approval of the rector's decision. The observations show the movement or dynamics in the center of this study every year. This study aims to put forward the process of formation and dynamics that occur at the Center for Disability Study and Services at Surabaya State University (PSLD Unesa) in the early establishment until now.
This study uses a descriptive qualitative research design, using interviews, observation, and documentation as data collection techniques. The subjects in this study discussed nine people consisting of two studio center heads, a secretary, a special study center service unit coordinator, a student service unit coordinator with special needs, two child service unit coordinators with special needs, and two volunteer coordinators or companion students with special needs. Analysis of research data through the stages of data reduction, data models, and conclusions. The validity test of the data instrument was carried out with data triangulation. Data triangulation uses source triangulation, technique triangulation and time triangulation.
Research findings of the dynamics of university study and service centers in Surabaya: (1) University study and service centers in Surabaya were opened and inaugurated on December 12, 2013, but the study center in this new studio has a Rector's Decree 1058 / UN38 / HK / KP / 2017 in in 2017, (2) the existence of dynamics at the center of the studio and the university's disability services in the aspects of group communication, conflicts within groups, strengths within groups, and group cohesion. The Chancellor's Decree at the center of this study was made to ensure that the organizational structure has been completed, however, this organizational structure needs to be accompanied by control on every formation regulated in each arrangement. Therefore, it was agreed for the management of Unesa PSLD to coordinate with officials related to the Unesa environment so that each part of the management was immediately in charge of the Decree.