Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Four Tier Multiple Choice (FTMC) untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Peserta Didik pada Materi Ikatan Kimia
Development of Four Tier Multiple Choice (FTMC) Diagnostic Test Instrument to Identify Students' Misconceptions on Chemical Bonding Material
Sebagai bagian dari pembelajaran kimia, peserta didik dihadapkan pada kebutuhan untuk menguasai berbagai konsep kimia yang telah dipelajari sebelumnya dan mampu menghubungkan konsep-konsep tersebut dengan materi yang sedang dipelajarinya untuk mencapai pemahaman yang menyeluruh. Peserta didik yang kesulitan dalam memahami konsep dengan benar akan menyebabkan kesalahan konsep atau miskonsepsi. Untuk mengatasi miskonsepsi pada peserta didik adalah dengan mengidentifikasi miskonsepsi tersebut. Metode identifikasi miskonsepsi yang dapat digunakan adalah dengan tes diagnostik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen tes diagnostik four tier multiple choice (FTMC) yang layak digunakan untuk mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik pada materi ikatan kimia ditinjau dari aspek validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (RnD) menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) tanpa tahap implementasi. Uji coba terbatas dilakukan pada 30 peserta didik SMAN 1 Dukun Gresik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas instrumen tes diagnostik four tier multiple choice (FTMC) berdasarkan validitas isi dan validitas konstruk memiliki median skor 5 sehingga instrumen tes diagnostik dinyatakan valid. Kepraktisan instrumen tes diagnostik ditinjau dari hasil angket peserta didik sebesar 86,67% dengan kategori sangat praktis. Keefektifan diperoleh dari uji validitas empiris butir soal, uji reliabilitas, dan identfikasi miskonsepsi peserta didik. Berdasarkan hasil uji validitas butir soal, diperoleh 14 butir soal kategori valid dan 6 butir soal kategori tidak valid karena memiliki nilai r hitung < r tabel. Uji reliabilitas menunjukkan hasil reliabilitas sebesar 0,780 sehingga instrumen tes dinyatakan reliabel. Hasil identifikasi miskonsepsi peserta didik adalah dalam submateri ikatan ion teridentifikasi 12,4% kategori paham konsep, 25,7% kategori paham sebagian, 22,4% kategori tidak paham konsep, dan 39,5% kategori miskonsepsi sedangkan pada submateri ikatan kovalen teridentifikasi 15,5% kategori paham konsep, 26,9% kategori paham sebagian, 29% kategori tidak paham konsep, dan 37,4% kategori miskonsepsi.
Kata Kunci: instrumen tes diagnostik, four tier multiple choice (FTMC), miskonsepsi, ikatan kimia
As part of chemistry learning, students are faced with the need to master various chemical concepts that have been previously learned and be able to connect these concepts with the material they are learning to achieve a comprehensive understanding. Students who have difficulty in understanding concepts correctly will cause concept errors or misconceptions. To overcome misconceptions in students is to identify these misconceptions. The misconception identification method that can be used is a diagnostic test. This study aims to produce a four tier multiple choice (FTMC) diagnostic test instrument that is feasible to use to identify students' misconceptions on chemical bonding materials in terms of validity, practicality, and effectiveness. This type of research is research and development (RnD) using the ADDIE development model (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) without the implementation stage. The limited trial was conducted on 30 students of SMAN 1 Dukun Gresik. The results showed that the validity of the four tier multiple choice (FTMC) diagnostic test instrument based on content validity and construct validity had a median score of 5 so that the diagnostic test instrument was declared valid. The practicality of the diagnostic test instrument in terms of the results of the students' questionnaire was 86.67% with a very practical category. Effectiveness is obtained from the empirical validity test of the test items, reliability test, and identification of student misconceptions. Based on the results of the test item validity, 14 test items were obtained in the valid category and 6 test items in the invalid category 6 questions in the invalid category because they have a calculated r value < r table. The reliability test showed a reliability result of 0.780 so that the test instrument was declared reliable. The results of the identification of students' misconceptions are that in the ionic bond sub-material, 12.4% were identified as understanding the concept, 25.7% as partially understanding, 22.4% as not understanding the concept, and 39.5% as misconception, while in the covalent bond sub-material, 15.5% were identified as understanding the concept, 26.9% as partially understanding, 29% as not understanding the concept, and 37.4% as misconception.
Keywords: diagnostic test instruments, four tier multiple choice (FTMC), misconceptions, chemical bonds