Latar
belakang penelitian ini adalah
kebanyakan siswa kurang antusias dalam mengikuti proses belajar mengajar untuk
pelajaran pendidikan dasar teknik mesin yang
sedang berlangsung, terutama jika guru didalam kelas menyampaikan suatu materi
hanya menggunakan metode
konvensional seperti metode ceramah ketika membawakan suatu materi dan
menempatkan siswa sebagai objek yang pasif. Siswa menjadi bosan dan pelajaran
menjadi kurang efektif. Maka penelitian yang nantinya akan dilakukan adalah
dengan menggunakan model pembelajaran problem posing untuk
peningkatan kompetensi, aktivitas dan hasil belajar siswa.
Jenis
penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1
Jetis Mojokerto . Instrumen penelitian yang digunakan
untuk mengumpulkan data meliputi : lembar pengamatan aktivitas kelas, lembar penilaian
berfikir kritis, lembar tes meliputi kognitif, psikomotor, dan angket respon . Analisis data dilakukan untuk mengetahui hasil belajar siswa didalam kelas ketika melaksanakan kegiatan model pembelajaran problem posing
untuk pelajaran pendidikan dasar teknik mesin .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penerapan model pembelajaran problem posing dapat meningkatkan aktivitas
siswa dan hasil belajar pendidikan dasar teknik mesin siswa. Hal ini
ditunjukkan dengan presentase aktivitas belajar siswa dikelas siklus i sebesar
71,38% kategori “baik “dan siklus ii sebesar 82,49% kategori “sangat baik”. Aktivitas
siswa dibengkel siklus i sebesar 76,69% kategori “baik “dan siklus ii sebesar
80,19% kategori “sangat baik”. Hasil belajar kognitif dengan persentase siswa
tuntas siklus i sebesar 57,21% kategori “sedang” dan siklus ii sebesar 79,27%
kategori “baik”. Hasil belajar psikomotor dengan presentase siswa tuntas siklus
i sebesar 40,90% kategori “sedang” dan
siklus ii sebesar 91,41% kategori “sangat baik”. Hasil peningkatan berfikir
kritis siswa sebesar 0,66% kategori “sedang”. Hasil respon siswa selama
pembelajaran sebesar 77,58% dengan kategori “baik”.
Kata
kunci : P embelajaran Problem Posing , Aktivitas Kelas, Berfikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa