Gaya Hidup Konsumsi Fashion Santri Bahrul Ulum Tambakberas Jombang
Lifestyle of Fashion Consumption Santri Bahrul Ulum Tambakberas Jombang
Abstrak
Penelitian dilakukan dilatarbelakangi oleh perubahan perilaku santri Bahrul Ulum. Santri yang diharapkan menjadi generasi unggul dalam perubahan dengan akhlak, moral dan pengetahuan yang dimiliki. Santri yang selalu dicirikan dengan kehidupan sederhana dengan mengontrol perilaku konsumtif, namun realitas yang terjadi adalah sebaliknya. Gaya hidup negatif dengan mengkonsumsi barang yang bukan menjadi kebutuhan pokok santri banyak dilakukan. Salah satunya dalam pembelian produk fashion yang sedang trend dan bermerek. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kelompok santri Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang yang bergaya hidup konsumsi fashion, mendeskripsikan konsumsi jenis fashion, dan mendeskripsikan nilai utama konsumsi fashion. Peneliti menggunakan teori konsumsi Jean Baudrillard yang memusatkan perhatian kepada nilai tanda dari konsumsi. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus Robert K.Yin. Jenis-jenis konsumsi fashion yang dilakukan oleh santri antara lain, sepatu, hem, hoodie, jam tangan, t-shirt(baju), tas, jaket dengan berbagai merek terkenal. Nilai utama yang diinginkan oleh santri dibagi menjadi tiga, santri kelas atas, santri kelas menengah, dan santri kelas bawah. Nilai santri kelas sosial atas melakukan konsumsi fashion bermerek karena kebiasaan dari keluarga, namun ada juga yang ingin menunjukan status sosialnya. Nilai santri kelas menengah dan bawah hampir sama menginginkan nilai-nilai yang dimiliki santri kelas atas. Adapaun nilai tersebut yakni terlihat keren, ingin menadi pusat perhatian, diterima lingkungan pertemanan, dan terlihat memiliki gaya hidup mewah. Santri kelas menengah dan bawah menganggap bahwa fashion memiliki nilai simbol atau nilai tanda yang mampu meninggikan status sosialnya dikalangan santri lain.
Kata Kunci : Santri, Gaya Hidup Konsumtif, Fashion,Nilai Tanda
Abstract
The research was conducted against the background of changes in the behavior of the students of Bahrul Ulum. Santri are expected to be the superior generation in change with their morals, morals and knowledge. Santri are always characterized by a simple life by controlling consumptive behavior, but the reality is the opposite. Negative lifestyles by consuming goods that are not the basic needs of students are widely practiced. One of them is purchasing fashion products that are trending and branded. The purpose of this study is to describe the group of students at the Bahrul Ulum Islamic Boarding School Tambak Beras Jombang who have a lifestyle of fashion consumption, describe the consumption of types of fashion, and describe the main value of fashion consumption. The researcher uses Jean Baudrillard's consumption theory which focuses on the sign value of consumption. The method used is a qualitative method with a case study approach of Robert K. Yin. The types of fashion consumption carried out by students include shoes, hem, hoodies, watches, t-shirts (clothes), bags, jackets with various well-known brands. The main values desired by students are divided into three, upper class students, middle class students, and lower class students. The value of upper social class students consume branded fashion because of the habits of the family, but there are also those who want to show their social status. The value of middle and lower class students is almost the same as wanting the values of upper class students. The values are looking cool, wanting to be the center of attention, being accepted by the circle of friends, and being seen as having a luxurious lifestyle. Middle and lower class students consider that fashion has a symbolic value or sign value that is able to elevate their social status among other students.
Keywords : Santri, Consumptive Lifestyle, Fashion, Sign Value