Berpikir relasional merupakan aktivitas mental yang ditandai dengan membangun keterkaitan antara unsur-unsur informasi yang diberikan dengan pengetahuan yang dimiliki tentang sifat atau struktur matematika, keterkaitan antar-konsep dalam matematika, maupun keterkaitan konsep dalam matematika dengan bidang ilmu lainnya. Seseorang berpikir relasional dalam rangka mengambil keputusan. Menurut teori perkembangan kognitif Piaget, siswa SMP telah memiliki kemampuan pengambilan keputusan.
Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan profil berpikir relasional siswa SMP dalam mengambil keputusan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan.
Di penelitian ini diperoleh tiga subjek penelitian yaitu dua subjek yang memiliki keputusan benar tetapi konsep yang digunakan berbeda dan satu subjek dengan keputusan yang salah. Berpikir relasional siswa dalam mengambil keputusan benar dimulai ketika siswa membangun keterkaitan tentang masalah secara keseluruhan dalam memahami masalah, mengidentifikasi tujuan pengambilan keputusan dan hal-hal yang berhubungan dengan soal seperti situasi yang analog dengan permasalahan maupun pengetahuan sebelumnya, mengerjakan soal dengan menggunakan konsep yang benar, mengevaluasi alternatif jawaban dengan membandingkan kelebihan dan kekurangan dari setiap alternatif jawaban, mengambil keputusan berdasarkan hasil perhitungan, dan mengevaluasi hasil keputusan. Sedangkan keputusan salah diperoleh akibat siswa salah dalam memahami masalah.
Kata kunci: berpikir relasional, pengambilan keputusan
Relational thinking is mental activity characterized by building relation between information in the problem with the knowledge about structure of mathematics, relation between concepts in mathematics, or relation between concepts in mathematics with other fields of science. Students do relational thinking in order to make decisions. According to Piaget’s cognitive development theory, junior high school students have the ability to make decisions.
Therefore, this research is aimed to describe the profile of relational thinking of junior high school students in making decision. This research is qualitative descriptive research. Data analysis in this research consisted of data reduction, data display, and conclusion drawing.
In this study three subjects were obtained, two students who had the right decisions but the concepts used were different and a student with the wrong decision. The relational thinking of students who make decisions correctly begin when they build relation about the problem as a whole in understanding the problem, identify the objectives of decision making and matters related to the problem such as situation that is analogues to the problem or knowledges that they have, solve the problem with the correct concepts, evaluate the alternative answers by comparing the strengths and weaknesses of each alternative answers, making decision based on the results of calculations, and evaluate the results of decisions. While the wrong decision is obtained because student misunderstand the problem.
Keywords: relational thinking, decision making