Penelitian ini menggunakan jenis
penelitian pengembangan (Research and Development ) dengan tahapan
penelitian: (1) potensi dan masalah berupa pengamatan dan wawancara, (2)
pengumpulan data menggunakan validasi, angket, tes dan observasi, (3) desain
produk, (4) validasi desain kepada 3 validator ahli, (5) revisi produk, (6) uji
coba produk pada 3 siswa, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian pada 32
siswa dengan desain penelitian one group pretest-posttest ; (9) analisis
dan laporan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa trainer
smart relay zelio berbasis internet of things yang dipergunakan
sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran Instalasi Motor Listrik di SMK Negeri 3 Surabaya. Instrumen yang
digunakan pada penelitian ini terdiri dari lembar validasi media dan perangkat
pembelajaran, angket kepraktisan media, dan lembar penilaian siswa untuk
keefektifan media. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik
deskriptif, uji normalitas distribusi Kolmogorov-smirnov, uji paired sample
test dan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan skor rerata hasil validasi trainer
87,00%, jobsheet trainer 86,00%, RPP 91,00%, Butir soal 94,00%, lembar
penilaian ranah kognitif 92,00%, lembar penilaian ranah psikomotor 95,83%, dan
lembar penilaian ranah afektif 95,00% maka dapat dikategorikan sangat valid.
Kepraktisan media diperoleh hasil rerata respon siswa 91,00% dan respon guru
96% maka dapat dikategorikan sangat praktis. Keefektifan media ditinjau dari
hasil belajar siswa diperoleh rerata hasil belajar ranah kognitif 76,25 dan rerata
gain score 0,40, pada ranah
psikomotor 90,4, dan pada ranah afektif 88,20 maka dapat dikategorikan sangat
efektif.
Kata Kunci : internet of things,
trainer , smart relay.