Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini berkembang sangat pesat bagi dunia pendidikan. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membutuhkan dukungan untuk membangun pengetahuan mahasiswa dengan memanfaatkan sarana yang ada, seperti komputer dan jaringan merupakan sarana penunjang dalam pembelajaran tersebut terutama dalam pengembangan dibidang teknologi salah satunya yaitu menggunakan aplikasi EVE-NG yang dapat membantu mahasiswa dalam proses pembelajaran virtualisasi jaringan di dalam laboratorium jaringan. Penelitian ini bertujuan mengetahui hasil belajar mahasiswa menggunakan pembelajaran kolaborasi dengan aplikasi EVE-NG pada pembelajaran jaringan komputer di Universitas Negeri Surabaya.
Jenis Penelitian menggunakan eksperimen dengan desain one-shot case study. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa program studi Teknik Informatika 2017 kelas A dengan jumlah 44 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu menggunakan kuisioner post test untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa setelah diberikan pembelajaran kolaborasi dengan aplikasi EVE-NG pada pembelajaran jaringan komputer.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa dikatakan sangat baik apabila 80% dari keseluruhan jumlah mahasiswa mencapai nilai ≥ 75 sesuai standar ketuntasan minimal yang ada di Unesa. Pembelajaran kolaborasi dapat menumbuhkan kerjasama dan pengetahuan terhadap mahasiswa yang dapat meningkatkan hasil belajar yang maksimal.
The development of science and technology is currently developing very rapidly for the world of education. The development of science and technology requires support to build student knowledge by utilizing existing facilities, such as computers and networks, which are supporting facilities in learning, especially in the development of technology, one of which is using the EVE-NG application that can help students in the process of learning network virtualization in in a tissue laboratory. This study aims to determine student learning outcomes using collaborative learning with EVE-NG applications on computer network learning at Surabaya State University.
This type of research uses experiments with one-shot case study design. The sample used was 2017 Informatics Engineering study program class A students with a total of 44 students. Data collection techniques used were using a post test questionnaire to determine student learning outcomes after being given collaborative learning with the EVE-NG application on computer network learning.
The results showed that student learning outcomes were said to be very good if 80% of the total number of students reached nilai 75 according to the minimum completeness standard in Unesa. Collaborative learning can foster collaboration and knowledge of students which can improve maximum learning outcomes.