PENGARUH MEDIA PUZZLE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SUKU KATA PADA PESERTA DIDIK KELAS I SEKOLAH DASAR
INFLUENCE OF PUZZLE MEDIA ON THE SKILL OF WRITING SYLLABLES IN CLASS I PRIMARY SCHOOL STUDENTS
Keterampilan menulis suku kata adalah hal yang penting untuk peserta didik kelas dikelas rendah. Media puzzle terhadap suku kata adalah media pembelajaran yang digunakan untuk membantu peserta didik dalam belajar menulis dari sebuah suku kata menjadi kata. Media ini membantu peserta didik mengatasi kesulitan dalam menggingat huruf. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran media puzzle terhadap keterampilan menulis peserta didik kelas I SD. Rancangan penelitian ini menggunakan nonequivalent control group design. Dalam rancangan tersebut terdapat dua kelompok yang dipilih, kemudian diberi pretest untuk mengetahui keadaan awal apakah terdapat perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrolyang merupakan jenis penelitian semu. Penilaian dilakukan melalui pre-test dan posttest. Hasil uji penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata uji t paired sample pretest kelas kontrol sebesar 43,27 dan kelas eksperimen sebesar 44,13. Nilai rata-rata posstest kelas kontrol sebesar 44,4 dan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 79,77. Perolehan nilai uji t independent sample kelas kontrol dan eksperimen nilai sebesar 15,3679. Nilai π‘βππ‘π’ππ tersebut dibandingkan dengan π‘π‘ππππpada taraf signifikansi 5% sebesar 2,074. Interpretasi dari nilai π‘βππ‘π’ππ dan π‘π‘ππππtersebut adalah π»πditerima artinya data posttest kedua sample memiliki perbedaan yang signifikan bahwa ada pengaruh media Puzzle terhadap keterampilan menulis di kelas I Sekolah Dasar Negeri Kebraon 2 Surabaya.
Syllable writing skills are important for lower class students. Syllable puzzle media is a learning media used to help students learn to write from a syllable into a word. This media helps students overcome difficulties in remembering letters. This research aims to determine the effect of puzzle learning media on the writing skills of class I elementary school students. This research design uses a nonequivalent control group design. In this design, two groups are selected, then given a pretest to find out whether there are differences between the experimental group and the control group, which is a type of quasi-research. Assessment is carried out through pre-test and post-test. The research test results show that the average value of the paired sample pretest t test for the control class is 43.27 and for the experimental class is 44.13. The average posttest score for the control class was 44.4 and the average score for the experimental class was 79.77. The independent sample t test value obtained for the control and experimental classes was 15.3679. The calculated t_value is compared with t_table at a 5% significance level of 2.074. The interpretation of the t_count and t_table values is H_adicep, meaning that the posttest data for the two samples have a significant difference, meaning that there is an influence of Puzzle media on writing skills in class I at Kebraon 2 State Elementary School, Surabaya.