PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS DIGITAL "E-MIREDOKS" PADA MATERI REAKSI REDOKS
DEVELOPMENT OF AN INTERACTIVE DIGITAL LEARNING MEDIA "E-MIREDOKS" ON REDOX REACTION MATERIAL
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan E-MIREDOKS (E-modul Interaktif Reaksi Redoks) sebagai media pembelajaran interaktif berbasis digital untuk pembelajaran kimia pada materi reaksi redoks. Metodologi penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan yang dikembangkan oleh Sukmadinata, yang terdiri atas tiga tahap utama: studi pendahuluan, pengembangan media, dan pengujian media, yang hanya dilakukan hingga tahap uji terbatas. Metodologi ini dipilih karena selaras dengan tujuan dalam mengembangkan media pembelajaran. Kelayakan media yang dikembangkan dinilai menggunakan lembar validitas, lembar pretest dan posttest, lembar respon dan observasi peserta didik. Media ini dinyatakan layak berdasarkan hasil validitas isi dan validitas konstruk, dengan persentase secara berturut-turut 85.56% dan 85.93%, termasuk dalam kategori sangat valid. Keefektifan media ditinjau dari perbandingan skor pretest dan posttest, dengan didapatkannya nilai sig. sebesar 0.00 < 0,05 (α), yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara skor rata-rata pretest dan posttest. Sebanyak 31 dari 36 peserta didik tuntas secara individu, dan 86,11% peserta didik tuntas secara klasikal. Kepraktisan media ditinjau dari hasil angket respon peserta didik didapatkan persentase sebesar 92,63%, dan hasil observasi aktif peserta didik sebesar 96,67%, keduanya termasuk dalam kategori sangat praktis. Temuan ini membuktikan bahwa E-MIREDOKS dapat dijadikan sebagai media pembelajaran interaktif berbasis digital yang efektif untuk pembelajaran kimia.
Kata Kunci : Media Pembelajaran Interaktif; E-Modul; Digital; Reaksi Redoks
This study aims to develop and evaluate the feasibility of E-MIREDOKS (Redox Reaction Interactive E-Module) as a digital and interactive learning tool for teaching redox reactions in chemistry. The research methodology employed is the Research and Development approach developed by Sukmadinata, which involves three main stages: preliminary study, media development, and media testing, culminating in a limited-scale trial. This methodology was chosen due to its alignment with the goal of developing a learning tool. The validity of the developed medium was assessed using validity sheets, pretest and posttest sheets, student feedback, and observation sheets. The medium was found to be feasible based on its content and construct validity, with validity percentages of 85.56% and 85.93% respectively, falling within the category of exceptionally valid. The effectiveness of the medium was evaluated through a comparison of pretest and posttest scores, resulting in a sig.(2-tailed) value of 0.00 < 0.05 (α), indicating a significant difference in mean scores between the pretest and posttest. Out of 36 students, 31 achieved individual learning accuracy, while 86.11% attained classical learning accuracy. The practicality of the medium was assessed using student feedback, which yielded a percentage of 92.63%, and observations of student behavior, which scored 96.67%, both falling within the category of exceptionally practical. These findings provide evidence that E-MIREDOKS can serve as an effective digital and interactive learning tool for chemistry education.
Keywords : Interactive Learning Media; E-Module; Digital; Redox Reaction