Pengembangan Multimedia Interaktif Apollo and Comet Untuk Meingkatkan Motivasi dan Literasi Sains Siswa SD
Development of Apollo and Comet Interactive Multimedia to Improve Learning Motivation and Science Literacy for Elementary School Students
Azizah, Nur. 2022. Pengembangan Multimedia Interaktif Apollo and Comet Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Literasi Sains Siswa SD. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya, Pembimbing (1) Prof. Dr. Suryanti, M.Pd dan (2) Nadi Suprapto, M.Pd., Ph.D
Kata Kunci: Apollo, Comet, Literasi, Motivasi, Sains
Dewasa ini pembelajaran tentunya tidak lepas dari kegiatan yang berhubungan dengan teknologi, begitu juga dengan pembelajaran yang diharapkan mampu membawa peserta didik untuk menguasai dan mampu menggunakan teknologi secara efektif. Tantangan pembelajaran saat ini adalah menurunnya motivasi belajar siswa terkait dengan keterbatasan penggunaan media pembelajaran yang dianggap kurang menarik oleh peserta didik. Selama pembelajaran online, peserta didik terbiasa menghabiskan sebagian besar waktunya menggunakan gadget, termasuk bermain game online. Berdasarkan revolusi industri 4.0, literasi sains sangat penting untuk dikuasai oleh peserta didik. Dalam proses literasi, peserta didik membutuhkan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan materi. Perancangan media didasarkan pada kerangka desain media, yaitu analisis (analyze), desain (design), pembuatan media (develop), pelaksanaan (implementation), dan penilaian (evaluation). Tahapan kerangka desain media ini sejalan dengan langkah-langkah pemilihan media pembelajaran yaitu ADDIE. Perancangan multimedia interaktif Apollo dan Comet yang sesuai dengan tahapan tersebut dapat menghasilkan media permainan yang tidak hanya mampu menghibur anak-anak, tetapi juga memfasilitasi peserta didik untuk melatih kemampuan literasinya. Penelitian ini menggunakan desain penelitian nonequivalent pretest posttest control group design yang digunakan untuk Quasi Experimental Design. Data peningkatan motivasi diperoleh berupa tes motivasi dari adaptasi model ARCS oleh Keller yang dilakukan selama tiga kali pertemuan. Berdasarkan data t-test yang diperoleh, multimedia interaktif Apollo and Comet mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Data peningkatan literasi sains diperoleh dengan memberikan pretest dan posttest menggunakan lembar tes literasi sains dengan mengadaptasi tes PISA. Literasi sains peserta didik meningkat sebesar 74,8562 dengan kategori tinggi berdasarkan hasil uji N-Gain.
Azizah, Nur. 2022. Development of Apollo and Comet Interactive Multimedia to Improve Learning Motivation and Science Literacy for Elementary School Students. Thesis, Elementary Education Departement, Post Graduate, State University of Surabaya, Advisor (1) Prof. Dr. Suryanti, M.Pd and (2) Nadi Suprapto, M.Pd., Ph.D
Keywords: Apollo, Comet, Literation, Motivation, Science
Today, learning certainly cannot be separated from activities related to technology, as well as learning which is expected to be able to bring students to master and be able to use technology effectively. The current learning challenge is the decline in students' learning motivation related to the limitations of the use of learning media which are considered less attractive by students. During online learning, students are accustomed to spending most of their time using gadgets, including playing online games. Based on industrial revolution 4.0, science literacy is very important to be mastered by students. In the literacy process, students need learning media that are in accordance with the characteristics of students and materials. Media design is based on a media design framework, namely analyze, design, develop, implementation, and evaluation. The stages of the media design framework are in line with the steps for selecting learning media, namely ADDIE. The design of Apollo and Comet multimedia that is in accordance with these stages can produce media that are not only able to entertain children, but also facilitate students to train their literacy skills. This research used a nonequivalent pretest posttest control group research design used for Quasi Experimental Design. Data on increasing motivation was obtained by form of a motivation test from the adaptation of the ARCS model by Keller which was carried out for three meetings. Based on the t-test data obtained, the Apollo and Comet interactif multimedia was able to increase participants' learning motivation, so that Ha is accepted and Ho is rejected. Data on increasing scientific literacy was obtained by giving a pretest and posttest using a scientific literacy test sheet by adapting the PISA test. Students' scientific literacy increased by 74.8562 with a high category based on the results of the N-Gain.