PENGENGARUH MEDIA AUGMENTED REALITY TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING KAKI BAGIAN DALAM SEPAK BOLA
THE INFLUENCE OF AUGMENTED REALITY MEDIA ON LEARNING OUTCOMES OF SECTION FOOT PASSING IN FOOTBALL
Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran sangat membantu guru dalam menyampaikan materi menggunakan media. Salah satunya penyampaian materi menggunakan media augmented reality di SMPN 1 Songgon dengan materi pembelajaran berupa vidio sangat memudahkan guru untuk menyampaikan materi khususnya pada pembelajaran PJOK. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan media augmented reality terhadap passing kaki bagian dalam sepak bola. Melalui metode kuantitatif dan pendekatan eksperimen murni (true eksperimental desain), penelitian ini mengevaluasi pengaruh media augmented reality passing kaki bagian dalam sepak bola terhadap hasil belajar yang meliputi penilaian afektif (sikap), kognitif (pengetahuan), dan psikomotor (keterampilan). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII, dengan jumlah 72 siswa. Instrumen yang digunakan adalah pretest dan posttest menggunakan instrumen sikap menggunakan penilaian secara langsung saat kegiatan penelitian, instrumen pengetahuan menggunakan google from, dan instrumen keterampilan menggunakan penilaian langsung saat melakukan teknik passing kaki bagian dalam sepak bola. Berdasarkan hasil uji peningkatan mendapatkan hasil pada kelompok eksperimen sebesar 2,23% dan hasil pada kelompok kontrol -5,65, maka dapat disimpulkan adanya pengaruh penggunaan media augmented reality pada kelompok eksperimen dengan meningkatnya hasil belajar.
Kata Kunci : Augmented Reality, Hasil Belajar, Passing kaki bagian dalam sepak bola
The use of technology in learning really helps teachers in delivering material using media. One of them is delivering material using augmented reality media at SMPN 1 Songgon with learning material in the form of videos, making it very easy for teachers to deliver material, especially in PJOK learning. Therefore, this research aims to find out how much influence the application of augmented reality media has on passing the inside of the foot in football. Through quantitative methods and a pure experimental approach (true experimental design), this research evaluates the effect of augmented reality media on the inside of football passing on learning outcomes which include affective (attitude), cognitive (knowledge) and psychomotor (skill) assessments. The subjects of this research were class VII students, with a total of 72 students. The instruments used were pretest and posttest using an attitude instrument using direct assessment during research activities, a knowledge instrument using Google from, and a skills instrument using direct assessment when performing the inside foot passing technique in football. Based on the test results, the increase in results in the experimental group was 2.23% and the results in the control group were -5.65, it can be concluded that there was an influence of the use of augmented reality media in the experimental group with increasing learning outcomes.
Keywords : Augmented Reality, Learning Outcomes, Passing the inside of the foot in football