PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanana terhadap kepuasan pemustaka di UPT perpustakaan Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini menggunakan lima komponen variabel independen yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty dengan satu variable dependen kepuasan konsumen. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah probability sampling menggunakan rumus Slovin yang diperoleh responden dengan jumlah 180 mahasiswa prodi pendidikan administarsi perkantoran. sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan, observasi, wawancacara, dan kuisioner/angket menggunakan skala likert. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. metode yang digunakan. Metode analisis data yang digunakan yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji T dan uji F. Hasil penelitan menunjukan bahwa terdapat (1) pengaruh signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pemustaka (2) ada pengaruh kualitas pelayanan secara simultan terhadap kepuasan pemustaka (3) ada pengaruh kualitas pelayana secara parsial terhadap kepuasan pemustaka di UPT perpustakan Universitas Negeri Surabaya.
This research aims to determine the effect of service quality on user satisfaction at UPT library, Universitas Negeri Surabaya. This research uses five independent variable components namely tangible, reliability, responsiveness, assurance, and empathy with one dependent variable customer satisfaction. The sampling technique used was probability sampling using the Slovin formula obtained by respondents with a total of 180 students in the office administration education program. While the data collection techniques were carried out using, observation, interviews, and questionnaires using a Likert scale. This type of research is a quantitative approach. the method used. Data analysis methods used are validity and reliability test, classic assumption test, multiple linear regression analysis. The Results showed that there were (1) significant effect of service quality on user satisfaction; (2) there is a effect of service quality simultaneous on user satisfaction; (3) there is a effect of service quality partially on user satisfaction at UPT library, Universitas Negeri Surabaya.